Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Sejumlah Jalur Alternatif Arus Balik dari Yogyakarta

Libur Lebaran dan cuti bersama sebentar lagi akan usai. Para pemudik pun mulai bersiap kembali ke perantauan untuk menggali pundi-pundi.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, INDRAMAYU - Libur Lebaran dan cuti bersama sebentar lagi akan usai. Para pemudik pun mulai bersiap kembali ke perantauan untuk menggali pundi-pundi.

Bagi Anda yang akan kembali ke Jakarta dan sekitarnya dari Yogyakarta, ada beberapa alternatif jalan.

Pertama, dari Yogyakarta menuju Muntilan-Magelang-Secang-Ambarawa-Semarang-Kendal. Dari Kendal bisa melintasi jalan tol darurat yakni Gringsing-Brebes Timur lalu dilanjukan tol Brebes Timur hinggga Jakarta.

Namun, apabila Anda enggan menggunakan tol, bisa melintasi jalan nasional menyusuri utara Jawa yakni Kendal-Batang-Pekalongan-Pemalang-Tegal-Brebes-Cirebon-Palimanan-Jatibarang-Loh Bener-Losarang-Pamanukan-Simpang Jomin-Tol Cikampek-Jakarta.

Kedua, Yogyakarta bisa melintasi jalan lintas selafan yakni menuju ke Wates lalu ke Purworejo-Lundong-Kebumen-Kebasen. Dari Kebasen, Anda bisa tetap berada jalur lintas selatan yakni Kebasen-Banjar-Ciamis-Tjiawi-Nagrek-Cileunyi-Tol Purbaleunyi-Jakarta.

Atau, dari Kebasen bisa menuju ke atas melewati Gunung Slamet yakni Purwokerto-Slawi-Tegal. Dari Tegal terdapat dua pilihan bisa melintasi jalan tol yang pintu masuknya di Brebes Timur atau jalur Pantai Utara Jawa.

Selain itu, apabila Anda memiliki waktu perjalanan panjang bisa melintasi jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela). Tentu, di sepanjang jalur ini memiliki pantai yang indah yang bisa Anda kunjungi.

Adapun jalur tersebut yakni dari Yogyakarta menuju ke Bantul, lalu ke Srandakan. Dari Srandakan menuju ke Galur dan melintasi jalan Daendels yang tepat di Pantai Selatan Jawa. Jalan Daendels ini melintasi sejumlah daerah dari Glagah DIY-Purworejo-Kutoarjo-Kebumen-Kebasen-Cilacap. Dari Cilacap bisa naik ke atas menuju Lebeng-Banjar-Ciamis-Tjiawi-Nagrek-Cileunyi-Tol Purbaleunyi-Jakarta.

Dengan catatan, di jalur Daendels ini minim penerangan dan SPBU sehingga diimbau pemudik untuk memenuhi terlebih dahulu tangki bahan bakar.

Program liputan ini didukung oleh: Toyota Astra Motor, Bank Negara Indonesia, AirNav Indonesia, Astra Honda Motor, ASDP Indonesia Ferry, GWK Cultural Park, Jambuluwuk Hotel & Resorts, Bank Jatim, V-Kool Indonesia, XL Axiata, Coco Group, dan Perkebunan Nusantara XI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : News Editor
Sumber : Tim Jelajah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper