Tol Batang-Semarang Difungsikan Satu Jalur Saat Lebaran

Oleh: Yustinus Andri DP 15 April 2018 | 14:47 WIB
Pekerja menyelesaikan pekerjaan konstruksi tiang penyangga jembatan pada proyek pembangunan jalan tol Batang-Semarang di Kalikuto, Weleri, Kendal, Jateng, Sabtu (14/4)./Antara-Anis Efizudin

Bisnis.com, SEMARANG—Ruas tol Batang-Semarang ditargetkan dapat difungsikan pada Lebaran 2018. Namun demikian, ruas tersebut hanya akan dibuka satu jalur.

Pimpinan Proyek Tol Batang – Semarang Beni Dwi Septiadi mengatakan, kendati PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) hanya akan membuka satu jalur, tetapi dalam penggunaannya akan difungsikan dengan membuka dua lajur.

“Kita usahakan dulu satu jalur dua lajur untuk pulang balik. Sementara itu, saat ini yang masih banyak pekerjaan ada di seksi IV. Di sana ada makam, masjid dan beberapa rumah yang sudah dalam proses musyawarah, selain konsinyasi,” ujar Beni, dalam keterangan resminya, Minggu (15/4/2018).

Adapun, lanjut Beni, secara keseluruhan proses konstruksi tol sepanjang 74,20 Km tersebut kini telah mencapai 74% dari lima seksi yang dibangun. Kelima seksi tesebut adalah seksi I Batang -Tulis (3,20 Km), seksi II Tulis – Weleri (36,35 Km), Seksi III Weleri – Kendal (10,75 Km), Seksi IV Kendal – Kaliwungu (13,50 Km), dan Seksi V Kaliwungu – Semarang (10,40 Km).

“Konstruksi secara umum totalnya 74%. Namun kami usahakan fungsional lebaran nanti nyambung dari Batang hingga Semarang,” katanya.

Beni menambahkan, para pemudik diharapkan meningkatkan kehati-hatiannya saat melintasi Tol Batang – Semarang. Pasalnya, ruas tersebut baru dibuka secara fungsional. Menurutnya, kehatia-hatian yang paling tinggi ada di seksi IV lantara di ruas tersebut masih banyak pengerjaan fisik.

Sementara itu, Plt Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko meminta PT JSB untuk melengkapi rambu-rambu sementara dan pembatas demi menjamin keselamatan berkendara pemudik.

“Kita ingin memastikan bahwa pekerjaan dapat diselesaikan sesuai jadwal. Nanti pertengahan Mei dan awal Juni kami akan cek lagi,” ujar mantan bupati Purbalingga tersebut.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer