Dampak Puting Beliung di Jogja, Fasilitas di Dua Kampus Alami Kerusakan

Oleh: Yustinus Andri DP 24 April 2018 | 21:51 WIB
Dampak Puting Beliung di Jogja, Fasilitas di Dua Kampus Alami Kerusakan
Rumah hancur diterjang puting beliung/Antara

Bisnis.com, SEMARANG— Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan 10 fasilitas pendidikan yang terdapat di dua sekolah tinggi mengalami kerusakan ringan akibat bencana angin puting beliung.

Dalam keterangan resminya, BPBD DIY menyebutkan dua sekolah tinggi yang terdampak kerusakan tersebut adalah STIMIK Akakom Yogyakarta dan STPMD APMPD. Adapun kerusakan juga terjadi di puluhan rumah di sejumlah titik di Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta.

“Sebanyak 2 rumah mengalami kerusakan berat dan 74 mengalami kerusakan ringan,” tulis BPBD DIY dalam keterangan resminya, Selasa (24/4).

Seperti diketahui, bencana angin puting beliung di DIY dilaporkan terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Di Kota Yogyakarta, terdapat sejumlah kecamatan yang terdampak yakni Gondokusuman dan Umbulharjo. Sementara itu di Kabupaten Bantul, kejadian terjadi di sebagian wilayah Kecamatan Banguntapan

Adapun, menurut Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana, penanganan proses tanggap darurat akan dilaksanakan oleh tim BPBD Kota Yogyakarta dan BPBD Kabupaten Bantul. Penyaluran logistik untuk korban bencana pun masih terus dilakukan.

Yuswantana pun mengimbau warga DIY untuk tetap waspada di tengah musim pancaroba yang sedang terjadi saat ini. Menurutnya, kewaspadaan perlu ditingkatkan ketika terjadi peralihan kondisi cuaca yang sangat ekstrim.

Editor: Fajar Sidik

Berita Terkini Lainnya