Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa 4,3 SR Guncang Semenanjung Muria

Gempa bumi berkekuatan 4,3 Skala Richter (SR) mengguncang Semenanjung Muria, Jawa Tengah, pagi ini, Kamis (3/5/2018). Hasil analisis BMKG memperlihatkan gempa muncul pukul 05.47 WIB.
Ilustrasi gemoa/Antara
Ilustrasi gemoa/Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Gempa bumi berkekuatan 4,3 Skala Richter (SR) mengguncang Semenanjung Muria, Jawa Tengah, pagi ini, Kamis (3/5/2018). Hasil analisis BMKG memperlihatkan gempa muncul pukul 05.47 WIB.

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, menyebut titik episenter terletak pada koordinat 6.42 LS dan 111.07 BT. Tepatnya, berlokasi di laut pada jarak 36,6 km arah utara Kabupatem Pati pada kedalaman 12 kilometer.

Dikatakan, efek gempa bumi berkekuatan 4,3 SR itu bahkan terasa sampai wilayah Pati dan Jepara dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau II-III MMI.

"Banyak warga merasakan guncangan gempa ini, bahkan sempat berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri," tutur Daryono dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Daryono mengatakan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat sesar lokal. Jika ditinjau lokasi episenternya gempa ini berada di sekitar zona Sesar Muria. Namun demikian utk memastikan sumber gempa pembangkit gempa ini perlu ada kajian lebih lanjut.

Menurutnya, kemunculan gempa di kawasan Muria sangat menarik perhatian. Pasalnya, di zona ini memang akhir-akhir ini cukup aktif secara seismik. Tercatat zona ini sudah beberapa terjadi dirasakan cukup signifikan pada 1890, 23 Oktober 2015, dan 18 Juli 2016.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Kepada masyarakat sekitar Muria, Pati Dan Jepara diimbau agar tetap tenang, karena gempa ini belum berpotensi merusak," kata Daryono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper