Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Sembako di Karanganyar Merangkak Naik

Harga sembilan bahan pokok (sembako) mulai merangkak naik menjelang Ramadan 2018.
Aktivitas pedagang.
Aktivitas pedagang.

Bisnis.com, KARANGANYAR–Harga sembilan bahan pokok (sembako) mulai merangkak naik menjelang Ramadan 2018. Sejumlah pedagang memprediksi harga sembako akan terus mengalami kenaikan hingga Lebaran 2018.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JIBI di Pasar Tradisional Jungke, Karanganyar, hampir seluruh harga sembako mulai mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir. Kenaikan harga sembako berkisar Rp500-Rp5.000 per kilogram.

Harga bawang merah naik dari Rp25.000 menjadi Rp30.000 per kilogram. Harga telur naik dari Rp22.000-Rp23.000 per kilogram. Harga gula pasir naik dari Rp11.500 menjadi Rp12.000 per kilogram. Sedangkan, harga minyak goreng dan beras masih stabil. Masing-masing senilai Rp11.500 per kilogram dan Rp10.000 per kilogram.
Bawang putih menjadi satu-satunya barang yang harganya mengalami penurunan, yakni dari Rp22.000 menjadi Rp20.000 per kilogram.

“Harganya tak hanya naik, tapi sudah mengalami perubahan. Ada beberapa sembako yang masih stabil. Tapi, saya meyakini semua harga sembako akan naik dalam hitungan hari ke depan. Ini sudah lumrah karena sudah mendekati Ramadan dan Lebaran. Lantaran sudah lumrah, para pembeli juga sudah menyadarinya meski ada beberapa yang komplain kenapa harganya selalu naik,” kata salah satu penjual sembako di Pasar Jungke, Karanganyar, Suyanti, 38, saat ditemui JIBI, di Pasar Jungke, Kamis (3/5/2018).

Selain harga sembako, harga buah-buahan juga mengalami kenaikan dalam dua hari terakhir. Hal itu seperti harga buah jeruk yang mengalami kenaikan dari Rp8.000 menjadi Rp12.000 per kilogram. Harga buah salak dari Rp6.000 menjadi Rp9.000 per kilogram. Harga semangka dan melon dari Rp4.000-Rp5.000 per kilogram.

“Semua harga buah juga sudah naik. Hari ini [kemarin], masih banyak pembeli yang menanyakan kenapa kok harga buah naik terus. Soal harga kan saya mengikuti dari atas [penjual buah besar yang menyetok buah-buahan ke daerah Jungke dan sekitarnya],” kata penjual buah, Saryanto, 50.

Di sisi lain, harga daging sapi dan harga ayam potong relatif masih stabil. Kendati seperti itu, harga daging sapi dan ayam potong diprediksi mengalami kenaikan dalam beberapa waktu ke depan. Sejauh ini, harga daging sapi senilai Rp105.000 per kilogram. Sedangkan, harga ayam potong senilai Rp30.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler