Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Jateng, Ini Tanggal Daftar Mudik Gratis via Kereta Api

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menawarkan fasilitas mudik gratis bagi para perantau asal provinsi tersebut yang berada di Jakarta dan sekitarnya.
Ilustrasi/ANTARA-Hendra Nurdiyansyah
Ilustrasi/ANTARA-Hendra Nurdiyansyah

Bisnis.com, SEMARANG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menawarkan fasilitas mudik gratis bagi para perantau asal provinsi tersebut yang berada di Jakarta dan sekitarnya.

Adapun salah satu moda transportasi yang disediakan adalah kereta api. Dalam keterangan resminya, Pemprov Jateng mempersilakan para calon pemudik untuk mulai mendaftarkan diri pada Rabu 9 Mei 2018 mulai pukul 08.00 WIB, di kantor Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, Jl Prapanca II No 11 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jateng Dadang Somantri mengatkan, mudik gratis bisa diikuti warga Jateng yang bekerja di sektor informal, seperti asisten rumah tangga, pedagang, buruh bangunan, buruh pabrik, atau pengemudi ojek/ bajaj.

Melalui fasilitas tersebut, Pemprov Jateng berharap para pemudik dari kalangan tersebut  akan terbantu dengan mendapatkan sarana transportasi secara pasti, mudah, aman dan nyaman, juga meringankan beban biaya pemudik lebaran.

’’Jadi, penghasilan yang diperoleh, dapat dibawa pulang ke kampung halaman dengan utuh. Di sisi lain, juga meningkatkan tali silaturahim masyarakat Jateng di Jakarta dan sekitarnya,” ujarnya, seperti dikutip dari keterangan resmi, Selasa (8/9/2018).

Kepala Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah Drs Koesdarminto MM menambahkan, mudik gratis menggunakan kereta api rencananya diberangkatkan pada 12 Juni 2018.

Kereta api yang digunakan adalah KA Gajah Wong dari Stasiun Pasar Senen pukul 06.45 WIB, dengan jurusan Pasar Senen-Purwokerto-Kroya-Gombong-Kebumen-Kutoarjo, dengan kapasitas 720 penumpang.

Ada pula KA Menoreh (kapasitas 640 penumpang) berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 20.30 Wib, dengan rute Brebes-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Weleri-Semarang Tawang.

Terakhir KA Jaka Tingkir (kapasitas 608 penumpang), berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 12.00 WIB dengan rute Purwokerto-Tambak-Gombong-Kebumen-Kutoarjo-Purwosari Solo.

Saat mendaftar, calon pemudik harus datang sendiri, tidak dapat diwakilkan. Mereka juga harus menunjukkan dokumen asli dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ SIM domisili daerah asal Jateng.

Pendaftar dengan KTP/ SIM nantinya akan mendapatkan satu tiket, sedangkan pendaftar dengan Kartu Keluarga (KK) mendapat maksimal empat tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper