Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Mobil Bekas Mulai Ramai Menjelang Ramadan

Pasar mobil bekas di Jogja mulai ramai jelang ramadan, satunya di Otobursa Sleman.
Ilustrasi./Bisnis.com-Felix Jody Kinarwan
Ilustrasi./Bisnis.com-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, YOGYAKARTA—Pasar mobil bekas di Jogja mulai ramai jelang ramadan, satunya di Otobursa Sleman. Penjualan maupun pembelian di bursa mobil bekas Jalan Eks PJKA sepanjang dua kilometer tersebut mulai meningkat sejak dua minggu terakhir.

Ketua Bidang Kegiatan Pagu­yub­an Wisata Otobursa Sleman, Subarjo HS mengatakan geliat pasar mobil bekas jelang lebaran, sudah terasa sejak saat ini.

Subarjo menjelaskan pada minggu-minggu biasanya hanya ada sekitar 250 penjual mobil yang memasarkan mobil bekas. Namun pada dua minggu terakhir tercatat ada sekitar 300 mobil yang mengikuti otobursa yang diadakan setiap hari Minggu tersebut. Begitu pula dengan pembeli, menurutnya sejak dua minggu terakhir jumlah mobil yang laku terjual mencapai 30 unit dari biasanya sebanyak 20-24 unit saja.

"Bahkan pembeli tidak hanya dari Jogja saja tapi juga dari luar kota seperti Magelang, Purworejo, Banjarnegara, Boyolali, bahkan ada yang dari Malang. Mereka biasanya baca lewat online karena kami juga gencar promosi di online," katanya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Selasa (8/5/2018).

Subarjo mengakui mayoritas pembeli mencari mobil-mobil penumpang, bukan niaga. Hal itu menurutnya disebabkan mereka tengah membutuhkan mobil jenis tersebut untuk digunakan mudik saat lebaran nanti. Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ia menuturkan tren kenaikan penjualan ini biasanya akan terus berlangsung saat ramadan dan mencapai puncaknya pada dua minggu sebelum lebaran.

Meski permintaan masyarakat terus meningkat, Subarjo menyebut tidak akan ada kenaikan harga mobil secara signifikan yang dilakukan oleh penjual. Hal itu telah menjadi kesepakatan bersama para penjual yang bergabung di Otobursa Sleman.

Menurutnya hal itu dilakukan untuk menjaga keberlangsungan Otobursa Sleman sebagai salah satu pasar mobil bekas yang jadi referensi masyarakat Jogja dan sekitarnya. Sebab jika dinaikkan dengan rumus "aji mumpung", bukan tak mungkin masyarakat akan enggan datang kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Harian Jogja
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper