Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDAM Kota Semarang Tambah 10 Truk Distribusikan Air Bersih

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang siap menambah 10 unit truk tangki untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat.
Air bersih./JIBI
Air bersih./JIBI

Bisnis.com, SEMARANG—Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang siap menambah 10 unit truk tangki untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat.

"Pengiriman mobil tangki air bersih tetap kami lakukan untuk daerah yang masih krisis air," kata Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Kota Semarang M. Farchan di Semarang, Rabu (9/5/2018).

Ia menyebutkan sekarang ini PDAM Kota Semarang hanya memiliki delapan unit truk tangki yang dipakai untuk melayani distribusi air bersih kepada masyarakat yang kekurangan pasokan air bersih.

Setiap unit truk tangki PDAM Kota Semarang, kata dia, selama ini beroperasi dalam setiap harinya mengirimkan sebanyak enam rit dengan kapasitas sebesar 5.000 liter air bersih setiap rit.

"Memang masih kurang. Makanya, kami akan tambah lagi 10 unit truk tangki. Dari mana? Bisa dari swasta dan PDAM di daerah-daerah sekitar, seperti PDAM Kabupaten Semarang dan Kendal," katanya.

Istilahnya, kata Farchan, PDAM Kota Semarang meminjam armada truk tangki untuk memperlancar distribusi air bersih terhadap masyarakat di daerah-daerah yang masih kesulitan air bersih.

ementara itu, Kepala Bagian Transmisi dan Distribusi PDAM Kota Semarang Joko Sancoyo menambahkan sekarang ini pihaknya masih memetakan daerah-daerah yang mengalami krisis air bersih.

"Pemetaan sementara, di kawasan Bukit Kencana Jaya (BKJ), Sinar Waluyo, dan Ketileng. Kalau di Deliksari sudah aman karena pasokan airnya dari Gunungpati, tidak ada masalah," katanya.

Selain menambah armada, kata dia, pengambilan suplai air bersih juga dibagi untuk mempercepat distribusi air, yakni di tiga lokasi terdekat dengan kawasan yang membutuhkan air bersih.

Ia menyebutkan tiga titik yang disiapkan untuk menyuplai truk tangki, yakni Terminal Air di PDAM Kota Semarang di Kelud, Reservoir Gajahmungkur, dan Bak Pelepas Tekan (BPT) Gombel.

"Jadi, truk tangki tidak lagi harus ambil di sini. Tergantung lokasi yang akan dikirimkan air bersih. Dengan dibagi tiga lokasi itu, bisa memperpendek jalur pengambilan air bersih," kata Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler