Prestasi Junior Indonesia Ajak Pelajar SMA Kembangkan Bisnis Sejak Dini

Oleh: Alif Nazzala Rizqi 13 Mei 2018 | 15:10 WIB
Gelaran Regional Student Company Competition 2018

Bisnis.com, SEMARANG - Lima sekolah di Semarang bersaing menjadi yang terbaik dalam Regional Student Company Competition 2018.

Manager Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner mengatakan sebelum berkompetisi para siswa telah memeroleh pendampingan dalam mengelola bisnis.

"Mereka telah dibina menjadi wirausaha sungguhan. Selama enam bulan mereka mendirikan san mengoperasikan usaha mikro. Mulai dari menciptakan ide produk, merencanakan strategi, penjualan, hingga likuidasi perusahaan," paparnya, Minggu (13/5/2018).

Menurut Robert, siswa SMA perlu didorong menciptakan bisnis dengan keterampilan yang dimiliki pasca lulus sekolah. "Kita berupaya mengasah potensi kewirausahaan dan mendorong generasi muda menjadi individu yang sukses sekaligus memberi dampak ekonomi positif kepada masyarakat," jelasnya.

Dia menegaskan, agar tim dari Semarang mampu mengulang prestasi dua tahun lalu yang menjadi juara dua dalam kompetisi serupa tingkat dunia. Robert mengungkapkan penilaian berdasar pada kualitas produk dan susunan dalam tim.

Perwakilan dari SMAN 3 Semarang, Radista Saga, mengatakan timnya membuat aneka kerajinan dari eceng gondok. Produk andalannya, sepatu dan sandal. "Sejak berproduksi mulai Januari sampai April 2018, sudah laku 90 sepatu dan 108 sandal," ucapnya.

Dia menegaskan, produk yang diberi merek Sagasco itu memiliki keunggulan dibanding produk sejenis. "Produk ini tidak mudah rusak, awet karena dilapisi kain jeans dan juga ditenun," papar Saga. Saat ini, model yang dikeluarkan adalah jenis tenun dan anyam, dengan enam varian.

Untuk promosi, dia menyatakan mengandalkan media sosial karena mengincar pangsa pasar kaum milenial. Namun, untuk mengenalkan merk Sagasco, tim SMAN 3 Semarang beberapa kali mengikuti kompetisi bisnis dan pameran yang diselenggarakan pemerintah daerah.

Ajang Regional Student Company Competition ini diikuti pelajar dari SMAN 3 Semarang, SMAN 5 Semarang, SMA Teuku Umar Semarang. Selanjutnya, SMA Al Azhar dan SMKN 9 Semarang.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya