MOBIL BEKAS di Bawah Rp100 Juta Paling Diburu

Oleh: Bayu Jatmiko Adi/JIBI 21 Mei 2018 | 08:33 WIB
MOBIL BEKAS di Bawah Rp100 Juta Paling Diburu
Ilustrasi. /Bisnis.com-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, SOLO—Memasuki bulan puasa, penjualan mobil bekas mulai ramai, Minggu (20/5). Peningkatan penjualan mobil bekas tersebut diprediksi mencapai 30 persen selama bulan puasa ini.

Pemilik showroom mobil bekas Dhimaz Auto Mobil, Dhimaz, mengatakan peningkatan penjualan mobil bekas di tempatnya, di Carsentro The Park Solo Baru, Sukoharjo, mulai terasa sejak awal puasa lalu.

Dia mengatakan pada hari pertama bulan puasa telah terjadi tiga transaksi. Jumlah tersebut lebih tinggi dari pada jumlah transaksi pada hari-hari biasa.

"Bulan puasa sampai lebaran nanti tentu ada dampaknya. Saat ini sudah mulai ramai. Tahun-tahun sebelumnya, peningkatan penjualan mencapai 30 persen. Tahun ini diperkirakan akan sama," kata dia kepada JIBI, Minggu.

Meski begitu kondisi setiap tahun berbeda. "Pernah pada awal puasa sepi, baru ramai pada pertengahan puasa. Saat ini di awal puasa sudah ramai, semoga terus stabil hingga akhir bilan puasa nanti," kata dia.

Dia mengatakan mobil yang biasanya banyak dicari adalah jenis city car dan minibus atau mobil keluarga. Menurutnya jenis city car yang banyak dicari adalah kendaraan dengan harga antara Rp50 juta hingga Rp80 juta. Sedangkan untuk minibus yang banyak dicari adalah kendaraan dengan harga antara Rp80 juta hingga Rp100 juta.

Hal senada juga disampaikan pemilik XL Autocars, Dody Febri, di Carsentro The Park. Menurutnya untuk saat ini pernintaan barang lebih banyak ke kendaraan keluarga.

"Kalau bulan puasa selalu ada peningkatan dan mobil keluarga yang paling banyak dicari," kata dia, Minggu. Dia mengatakan puncak penjualan akan terjadi pada pertengahan bulan puasa.

Peningkatan penjualan bisa mencapai 30 persen hingga 50 persen. Harga yang ditawarkan untuk mobil keluarga mulai dari Rp120 juta hingga Rp150 juta.

Dia mengatakan di luar bulan puasa, penjualan mobil bekas lebih banyak ke tipe city car. Umumnya permintaan city car tersebut banyak datang dari pelaku usaha transportasi online. City car yang paling banyak dicari adalah kendaraan dengan harga antara Rp90 juta hingga Rp120 juta. Sedangkan tahun produksi mobil yang dicari mulai mobil keluaran 2014-2017.

Meski mobil yang dijual adalah mobil bekas, baik Dodi maupun Dhimaz menegaskan kendaraan yang dijualnya dalam kondisi layak jalan dan kualitas prima.

Sumber : Solopos

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya