Pendakian Gunung Merapi Masih Ditutup Sejak Erupsi Freatik Sepekan Lalu

Oleh: Fahmi Ahmad Burhan 21 Mei 2018 | 13:30 WIB
Pendakian Gunung Merapi Masih Ditutup Sejak Erupsi Freatik Sepekan Lalu
Kondisi Gunung Merapi seusai terjadi letusan erupsi freatik diambil dari kawasan Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (11/5)./Antara-Bambang

Bisnis.com, SLEMAN — Erupsi freatik Gunung Merapi terjadi lagi pada Senin (21/5/2018) pukul 01.25. Sejak erupsi freatik pada Jumat (11/5/2018) pendakian Gunung Merapi ditutup dan belum tahu sampai kapan akan dibuka lagi.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Sleman Akhmadi mengatakan pendakian Gunung Merapi masih ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Sejak erupsi freatik yang Jumat (11/5/2018) kami melakukan evakuasi, dan sore harinya, kami pastikan tidak ada lagi pendakian ke Gunung Merapi," kata Akhmadi pada JIBI, Senin (21/5/2018).

Akhmadi mengatakan sebelumnya BTNGM berencana untuk memastikan pembukaan lagi jalur pendakian ke Gunung Merapi setelah menunggu kepastian kondisi Gunung Merapi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTG) DIY. Namun, sampai saat ini pihaknya belum bisa memasitikan pembukaan jalur pendakian.

"Kita tidak membuka pendakian Gunung Merapi karena erupsi freatik dikhawatirkan akan terjadi, dan sekarang (21/5/2018) terjadi lagi erupsi, maka kami tidak bisa memastikan sampai kapan akan dibuka lagi," ujarnya.

Saat ini (21/5/2018) menurut Akhmadi pihaknya berkordinasi dengan pihak BPPTG DIY untuk memantau kondisi Gunung Merapi. "Yang ditutup itu hanya pendakian saja, sedangkan untuk kawasan wisata tetap dibuka seperti sebelumnya," ujarnya.

Sumber : JIBI/Harian Jogja

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer