ANGKUTAN LEBARAN, Organda DIY Siapkan 800 Bus

Oleh: Rheisnayu Cyntara 25 Mei 2018 | 12:55 WIB
ANGKUTAN LEBARAN, Organda DIY Siapkan 800 Bus
Ilustrasi./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, YOGYAKARTA — DPD Organda DIY menyiapkan sekitar 800 bus untuk memenuhi kebutuhan angkutan mudik Lebaran 2018. Ratusan bus tersebut terdiri dari bus reguler AKAP dan bus angkutan pariwisata.

Wakil Ketua III DPD Organda DIY Bidang AKAP dan Pariwisata, Hantoro mengatakan Kementerian Perhubungan dengan Dinas Perhubungan DIY juga telah melakukan rampchek guna memastikan seluruh bus layak digunakan sebagai angkutan Lebaran.
Tak hanya bus AKAP, menurutnya bus-bus pariwisata yang rata-rata usianya di bawah 10 tahun tak luput dari pengecekan ini. Bahkan petugas datang langsung ke garasi untuk memeriksa kondisi bus. Sedangkan untuk bus AKAP, rampcheck dilakukan di terminal-terminal tempat bus tersebut menunggu penumpang.

"Kalau ditemukan bus tak lolos rampcheck maka tidak boleh beroperasi atau harus diperbaiki dulu kekurangannya agar laik jalan. Kami juga pastikan pemudik naik bus yang telah lolos rampcheck," ujarnya, Jumat (25/5/2018).

Lebih jauh pemilik PO GeGe ini berharap Kementerian Perhubungan agar lebih cepat melayani pengurusan Kartu Pengawasan atau Ijin Trayek bagi bus pariwisata. Sebab hingga saat ini untuk mengurus kartu pengawasan itu butuh waktu berbulan-bulan. Padahal idealnya waktu pengurusan ijin itu hanya 14 hari paling lama.

Hal itu menurutnya akan jadi penghambat bagi PO bus wisata yang juga berniat melayani transportasi mudik Lebaran. Jika kartu pengawasan tak segera turun saat dilakukan rampcheck, maka bus wisata itu pasti dinyatakan tak lolos rampcheck.

Ia menambahkan khusus bus pariwisata mayoritas digunakan untuk mudik Lebaran gratis yang diadakan oleh BUMN, kementerian, dan juga beberapa perusahaan swasta. Ia mencontohkan PO GeGe yang menyediakan bus pariwisata untuk mudik gratis bersama Jasa Raharja pada 9 Juni mendatang untuk tujuan Kota Yogyakarta dan Wonosari, Gunungkidul.

Sebagaimana diketahui, tahun ini Jasa Raharja menyediakan kuota 200.000 kursi untuk libur Lebaran 2018, baik untuk moda transportasi bus maupun kereta api.

Humas Jasa Raharja DIY, Aryo W Kusuma mengatakan seluruh kuota mudik gratis, baik bus maupun kereta api, sudah ludes tak bersisa.

Ia menjelaskan pendaftaran kegiatan rutin tahunan mudik gratis ini sudah dilakukan jauh-jauh hari. Pendaftaran mudik menggunakan kereta api dibuka pada 20 hingga 28 Maret lalu.

Sedangkan untuk bus mulai pada 17 April hingga 8 Mei. Menurut Aryo, pendaftaran untuk bus ini sempat diperpanjang hingga Kamis (10/5) untuk mengakomodir jumlah pendaftar yang membludak.

Sumber : JIBI/Harian Jogja

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya