Polda Jateng Tempatkan Polisi di Tol Fungsional Setiap 5 Km

Oleh: Yustinus Andri DP 25 Mei 2018 | 23:45 WIB
Polda Jateng Tempatkan Polisi di Tol Fungsional Setiap 5 Km
Kendaraan melintasi salah satu ruas Jalan tol Semarang-Batang di Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (16/3/2018)./ANTARA-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, SEMARANG—Kepolisan Daerah Jawa Tengah akan menyiapkan anggotanya untuk membantu mengamankan arus mudik Lebaran 2018, terutama di area tol fungsional.

Kapolda Jateng Condro Kirono mengatakan, pihaknya akan menempatkan anggota petugas gabungan beserta mobil patroli di setiap 5 kilometer di ruas tol fungsional dari Pemalang hingga Semarang.

Selain mengandalkan polisi lalu lintas, pihaknya juga akan menyiagakan anggota brimob.

“Setiap 5 kilometer akan kita siapkan anggota untuk membantu pengamanan, supaya pemudik merasa nyaman. Mereka terutama akan disiapkan di tol fungsional yang masih minim penerangan, dengan menempatkan mobil patroli,” katanya, Jumat (25/5/2018).

Selain itu dia, juga akan bekerja sama dengan pengelola tol untuk menyediakan rest area di setiap 10 KM di tol fungsional.

Hal itu, dilakukan untuk mengantisipasi kelelahan dari para pemudik.

Condro juga menambahkan, pihaknya akan meminta kepada jajarannya untuk menyiapkan rekayasa lalu lintas ketika tol fungsional kelebihan volume kendaraan.

Salah satunya dilakukan dengan mengarahkan kendaraan pemudik memilih jalur lain melalui Kota Semarang.

“Jasa Marga juga akan kami minta membuka seluruh pintu tolnya di Gerbang Manyaran dan menyiapkan rekayasa di pintu keluar Gringsing dan Gandulan, terutama untuk arus yang dari Jawa Barat,” lanjutnya.

Selain mengamankan jalur tol, pihaknya juga akan menyiagakan aggotanya di jalur-jalur mudik melalui jalan nasional.

Menurutnya, Polda Jateng akan menyiapkan 21.000 personel untuk disebar di seluruh Jateng.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya