Pengamanan Jalur Wisata Perlu Ditingkatkan Antisipasi Kunjungan Lebaran

Oleh: Newswire 28 Mei 2018 | 14:41 WIB
Pengamanan Jalur Wisata Perlu Ditingkatkan Antisipasi Kunjungan Lebaran
Wisatawan berfoto di atas anjungan bambu di lokasi wisata alam bukit Seroja, Desa Tlogo, Garung, Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu (25/10)./ANTARA-Anis Efizudin

Bisnis.com, PURWOKERTO—Pengamanan pada jalur wisata sangat penting terutama di lokasi rawan kecelakaan dan kemacetan, kata Pengamat Pariwisata Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Chusmeru.

"Antisipasi pengamanan di jalur wisata sangat diperlukan mengingat kemungkinan lonjakan wisatawan," katanya di Purwokerto, Senin (28/5/2018).

Libur Lebaran tahun ini, kata dia, diperkirakan akan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata di daerah.

"Terlebih lagi cuti bersama Idul Fitri pada tahun ini cukup panjang, oleh karena itu, para pemangku kebijakan perlu melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan," katanya.

Selain pengamanan jalur wisata, kata dia, juga perlu dibuat posko pengamanan di setiap objek wisata, yang melibatkan berbagai pihak.

"Posko tersebut sekaligus bisa dijadikan pusat informasi terkait objek wisata dan gangguan keamanan di objek tersebut," katanya.

Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya musibah dan gangguan keamanan, kata dia, maka perlu penambahan personel keamanan di objek wisata.

"Selain itu, perlu juga disiagakan tenaga medis untuk mengantisipasi adanya gangguan kesehatan pada wisatawan. Selain dokter dan paramedis, perlu juga disiapkan sarana penunjang kesehatan, seperti mobil ambulans yang selalu siaga di lokasi objek wisata yang padat pengunjung," katanya.

Selain itu, kata dia, keberadaan rumah sakit dan puskesmas yang dekat dengan objek wisata sangat diperlukan.

"Sangat penting keberadaan fasilitas kesehatan yang dekat dengan lokasi wisata, guna memberikan pelayanan selama libur Lebaran, khususnya bagi pasien yang dalam kondisi gawat darurat," katanya.

Dia juga mengingatkan, pengelola objek wisata perlu memastikan bahwa semua karyawan siap memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya