PEROMBAKAN DIREKSI: David Hidayat Jadi Direktur Utama Sido Muncul

Oleh: Herdiyan 31 Mei 2018 | 08:30 WIB
PEROMBAKAN DIREKSI: David Hidayat Jadi Direktur Utama Sido Muncul
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (kedua kiri) menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Bupati Semarang Mundjirin (kiri) untuk diteruskan kepada para penerima bantuan di Agrowisata pabrik Sido Muncul, Ungaran, Semarang, Rabu (14/06/2017). - Humas Sido Muncul

Bisnis.com, SEMARANG—PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. merombak susunan direksi dalam rangka penyegaran pada pucuk pimpinan perusahaan jamu satu-satunya yang go public itu.

Sekretaris Perusahaan Sido Muncul Tiur Simamora mengatakan posisi direktur utama diisi oleh David Hidayat menggantikan Jonatha Sofjan Hidajat. Adapun Jonatha Sofjan Hidajat bergeser posisi menjadi komisaris utama.

“Perubahan susunan direksi itu menjadi salah satu hasil RUPS [rapat umum pemegang saham] pada 30 Mei 2018,” ujarnya di sela-sela buka puasa bersama di Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu malam (30/5/2018).

Selain itu, perubahan lainnya di jajaran direksi adalah posisi direktur keuangan dan independen saat ini diisi oleh Leonard yang menggantikan Venancia Sri Indrijati yang mengundurkan diri.

Sebelumnya, Leonard merupakan Chief Financial Officer PT Great Giant Pineapple (Gunung Sewu Group) yang baru berusia 40 tahun.

Selain itu, direktur pemasaran dan independen saat ini adalah Gerry Mustika (eks Direktur Pemasaran dan Penjualan Divisi Kesehatan Konsumer PT Boehringer Ingelheim Indonesia) menggantikan Carlo Lukman Windarto.

“Saat ini, jajaran direksi usianya muda-muda. Pak Leonard baru berusia 40 tahun, sedangkan Pak Gerry 50 tahun. Masih enerjik. Kami berharap mereka bisa membawa Sido Muncul semakin maju,” tuturnya.

Sebagai informasi, keluarga Hidayat masih menjadi pemegang saham mayoritas Sido Muncul, yakni sebesar 81%. Mereka terdiri dari lima bersaudara: Irwan, Sofyan, Johan, Sandra, dan David.

Kelimanya memegang posisi penting di perusahaan yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah itu, kecuali Sandra yang diwakilkan kepada suaminya, Sigit Hartojo Hadi Santoso (saat ini menjabat komisaris).

Posisi direktur utama secara bergantian diisi oleh keluarga pendiri perusahaan tersebut. Saat IPO 2013 lalu, posisi direktur utama diisi oleh Irwan Hidayat (anak pertama) hingga 2016.

Setelah itu, posisi direktur utama digantikan oleh anak kedua keluarga Hidayat, yakni Jonatha Sofjan Hidajat, hingga 30 Mei 2018.

Pada RUPS yang berlangsung 30 Mei 2018, secara bergantian posisi direktur utama diisi oleh saudaranya yang lain, yakni David Hidayat.

Berikut jajaran komisaris dan direksi Sido Muncul:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama              : Jonatha Sofjan Hidajat

Komisaris                             : Johan Hidayat

Komisaris                             : Sigit Hartojo Hadi Santoso

Komisaris Independen  : Eric Marnandus

Komisaris Independen  : Ronnie Behar

Dewan Direksi

Direktur Utama                                                 : David Hidayat

Direktur Marketing                                         : Irwan Hidayat

Direktur Keuangan & Independen           : Leonard

Direktur Pemasaran dan Independen     : Gerry Mustika

Editor: Herdiyan

Berita Terkini Lainnya