Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Erupsi Merapi: Adisoemarmo Sudah Dibuka, A.Yani Masih Tunggu Pembersihan

PT Angkasa Pura I (Persero) mengumumkan bahwa aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Adisoemarmo , Surakarta saat ini kembali dibuka dan dapat diperasikan secara normal.
Gunung Merapi menyemburkan material vulkanis terlihat dari kawasan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (1/6/2018)./ANTARA-Hendra Nurdiyansyah
Gunung Merapi menyemburkan material vulkanis terlihat dari kawasan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (1/6/2018)./ANTARA-Hendra Nurdiyansyah

Bisnis.com, SEMARANG—PT Angkasa Pura I (Persero) mengumumkan bahwa aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Adisoemarmo , Surakarta saat ini kembali dibuka dan dapat diperasikan secara normal. Sementara itu, penutupan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, justru diperpanjang.

Dalam keterangan resminya, AP I menyebutkan pengoperasian kembali penerbangan dilakukan, setelah sebelumnya dilakukan penutupan karena adanya dampak dari abu vulkanik pascaerupsi Gunung Merapi pada pukul 8.20 WIB, Jumat (1/6).

“Pembukaan kembali Bandara Internasional Adisoemarmo dilakukan setelah diterbitkannya NOTAM B3955/18 oleh Direktorat Navigasi Penerbangan,” tulis AP I dalam keterangan resminya, Jumat (1/6/2018)

Sebelumnya, penutupan di bandara tersebut dilakukan selama 3 jam mulai pukul 15.30 WIB-18.30 WIB. Penutupan tersebut didasarkan pada NOTAM B3949/18 dan B3951/18  yang diterbitkan oleh Airnav.

Adapun keputusan penerbitan NOTAM penutupan bandara oleh AirNav dilakukan setelah hasil paper test airside di kedua bandara dinyatakan positif mengandung debu vulkanik dan berpotensi mempengaruhi keselamatan operasional penerbangan. 

Di sisi lain, penutupan Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang justru diperpanjang sampai dengan pukul 19:30 WIB. Pasalnya, saat ini masih dilakukank proses pembersihan landasan pacu (runway) dari debu vulkanik guna memastikan keselamatan penerbangan.

AP I pun menghimbau kepada seluruh penumpang udara yang hendak bepergian dari dan menuju Semarang diharapkan untuk dapat terus memantau status penerbangan melalui pihak maskapai atau dapat mengikuti perkembangan terkini melalui Facebook Angkasa Pura Airports dan Twitter @AP_Airports.

Berikut ini adalah daftar penerbangan tambahan yang terkena dampak atas perpanjangan penutupan Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang (15 penerbangan):

Ketibaan:

Garuda Indonesia GA 242 CGK – SRG

Garuda Indonesia GA 248 CGK – SRG

Citilink QG 798 CGK – SRG

Wings Air IW 1897 SUB – SRG

Batik Air ID 7557 HLP – SRG

Lion Air JT 516 CGK – SRG

Lion Air JT 502 CGK – SRG

Keberangkatan:

Garuda Indonesia GA 245 SRG – CGK

Garuda Indonesia GA 249 SRG – CGK

Citilink QG 799 SRG – CGK

Nam Air IN 230 SRG – BDO

Nam Air IN 254 SRG – DPS

Nam Air IN 223 SRG – CGK

Lion Air JT 517 SRG – CGK

Lion Air JT 503 SRG – CGK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper