Tim Cyber Polresta Solo Temukan 900 Konten Berita Hoaks Per Hari

Oleh: Muhammad Ismail 11 Juni 2018 | 16:34 WIB
Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, SOLO—Tim cyber Polresta Solo menemukan sebanyak 900 konten berita hoaks Per hari. Konten berita hoaks terbanyak berisikan isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), fitnah, dan black campaign Pilgub Jateng.

“Kami memiliki 30 orang tim cyber anti hoaks yang bekerja selama 24 jam. Tugas utama mereka patroli memantau medsos [medsos] di dunia maya,” ujar Kapolresta Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo kepada wartawan di Mapolresta Solo, Senin (11/6/2018).

Ribut mengungkapkan setiap satu orang petugas tim cyber menemukan 30 konten berita hoaks per hari. Sementara jumlah anggota tim cyber ada sebanyak 30 orang sehingga kalau ditotal ada sebanyak 900 konten berita hoaks per hari yang ditemukan Polresta Solo.

Ia khawatir kalau konten berita hoaks ini bisa lolos warga yang membacanya akan ikut tersesat karena membaca berita yang salah. Dampak negatifnya bisa memecah belah persatuan bangsa serta menimbulkan gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Kalau berita hoaks ini dibiarkan sangat berbahaya. Kami mengajak kepada warga agar ikut mengawasi medsos. Kalau menemukan konten berita berbau SARA, fitnah, dan black campaign segera kaporkan ke tim cyber di Satreskrim Polresta Solo,” kata dia.

Tim cyber, lanjut dia, dalam waktu dekat ini akan memperketat patroli medsos seiring dengan pelaksanaan hari tenang Pilgub Jateng pada tanggal 24 Juni sampai 26 Juni.

Sumber : JIBI/Solopos

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya