ARUS BALIK LEBARAN 2018: Pemudik Mulai Padati Sejumlah Ruas Jalan di Jateng

Oleh: Yustinus Andri DP 18 Juni 2018 | 15:53 WIB
ARUS BALIK LEBARAN 2018: Pemudik Mulai Padati Sejumlah Ruas Jalan di Jateng
- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono berduet saat halalbihalal Idulfitri, JUmat (15/6).-JIBI/Rivki Maulana

Bisnis.com, SEMARANG—Sejumlah ruas jalan baik jalan nasional maupun tol di Provinsi Jawa Tengah terpantau mulai dipadati oleh para pemudik.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, kemacetan terjadi di ruas tol Salatiga-Kartasura. Antrean kendaraan mulai terjadi sekitar 1 km setelah gerbang tol Colomadu. Seperti diketahui, jalur tol fungsional tersebut mulai dibuka untuk arus balik mulai pukul 06.00 WIB pada Senin (18/6/2018).

“Sempat macet total dan berhenti selama 15 menit, setelah itu kembali jalan kembali tapi pelan-pelan,” ujar Hardiyan, salah satu pengemudi kendaraan yang melintas di ruas tol tersebut, Senin (18/6/2018).

Selain itu, kepadatan kendaraan juga terjadi di jalur Pantai Utara (Pantura) di ruas jalur tujuan Jawa Barat. Berdasarkan pantauan Bisnis.com, kepadatan kendaraan mulai terjadi dari Jalan Lingkar Weleri hingga jembatan Kalikuto sepanjang kurang lebih 5 km.

“Kami juga melihat mulai ada antrean sekitar 1 kilometer baik yang masuk ke ruas tol Semarang-Batang maupun yang berada di jalur nasional. Meskipun, saat ini belum masuk puncak arus balik," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat meninjau jalur mudik di Jateng, Senin (18/6/2018).

Untuk itu, Budi menjanjikan bahwa pihaknya bersama petugas kepolisian akan menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi lonjakan pemilir pada masa arus balik. Salah satunya dengan mengalihkan para pemilir menuju jalur nasional ketika jalur tol mengalami kemacetan.

Editor: Riendy Astria

Berita Terkini Lainnya