Pilgub Jateng 2018: Dua Paslon Serius Tangani Isu Lingkungan

Oleh: Alif Rizqi 22 Juni 2018 | 00:14 WIB

Bisnis.com, SEMARANG - Penanganan mengenai lingkungan nampaknya,menjadi fokus utama yang harus dibenahi oleh 2 paslon yang bertarung dalam gelaran Pilgub Jateng 2018. Hal ini, karena banyak masyarakat Jateng terkena imbas pembangunan beberapa proyek perusahaan.

Calon Gubernur nomor urut 1 Ganjar Pranowo menuturkan, lingkungan menjadi fokus utama Jateng dengan pembangunan daerah yang harus juga digenjot untuk memaksimalkan potensi yang ada. Pihaknya, amat menyesali tentang isu adanya pengairan yang tercemar di Kabupaten Pati yang merusak lingkungan.

"Video yang beredar selama ini mengenai dampak lingkungan tidak benar karena Pemprov sudah menyiapkan beberapa embung dan air yang mencukupi untuk petani sehingga kegiatan pertanian tidak terganggu," tegas Ganjar Kamis (21/6/2018).

Ganjar juga berpesan, kepada masyarakat khususnya yang berada tinggal di Pantura Jateng untuk tidak panik jika air rob datang. Hal ini karena Pemprov sudah menyiapkan tanggul laut sepanjang Pantura khususnya Kabupaten Pekalongan yang sering kali terkena limpasan air rob.

Selain itu lanjut dia, Pemprov Jateng juga menerapkan water management yang baik untuk menanggulangi air rob yang seringkali mengenangi pemukiman warga. Untuk itu, dia meminta masyarakat untuk bersabar dan mematuhi aturan dari pemerintah.

"Kami selama 5 tahun sudah muai membangun tanggul laut untuk penanganan rob. Serta Pemprov juga melakukan berbagai kajian mengenai water management yang baik untuk penanganan rob," ujarnya.

Sementara itu, Calon Gubernur Jateng nomor urut 2 Sudirman Said mengatakan, jika masalah lingkungan sangat parah di Jateng. Imbas air yang tercemar membuat para petani kesulitan mendapatkan air bersih untuk persawahan.

Selain itu, akibat pencemaran lingkungan di Kabupaten Pati membuat air yang biasa untuk konsumsi warga menjadi tercemar dan tidak layak untuk diminum.

"Imbas dari pencemaran lingkungan di Kabupaten Pati membuat air yang biasa dikonsumsi warga tercemar sehingga tidak dapat digunakan," tambahnya.

Lebih lanjut, Sudirman berjanji jika terpilih menjadi gubernur nanti masalah lingkungan akan menjadi prioritas utama pemerintah.

Editor: Andhika Anggoro Wening

Berita Terkini Lainnya