TPS UNIK, Pakai Gebyok Ala Nikahan Jawa

Oleh: Mariyana Ricky P.D. 27 Juni 2018 | 10:44 WIB

Bisnis.com, PURWANTORO—Beragam cara dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih yang menggunakan hak suaranya.

Salah satunya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 05 Lingkungan Sanggrong, Kelurahan Tegalrejo, Purwantoro. TPS ini dirancang sedemikian rupa menyerupai gelaran resepsi pernikahan adat Jawa.

Anyaman daun kelapa untuk peneduh (bleketepe), rangkaian janur kuning, pisang tuwuhan/suluhan, kelapa muda dan berbagai dedaunan menghiasi kediaman salah satu warga.

Tak hanya itu, di gang menuju TPS, berderet umbul-umbul dan bendera juga terpancang rapi. Kesan itu ditampilkan untuk menyatakan bahwa Jawa Tengah tengah nduwe gawe. Para petugas mengenakan seragam lurik seperti sedang among tamu.

Ketua KPPS 05 Lingkungan Sanggrong, Suyatno, mengatakan agar suasana pernikahan adat Jawa semakin tampak, panitia juga melengkapinya dengan gebyok berikut kursi pelaminan. Sayangnya, tak ada pengantin yang benar-benar duduk di sana, alias sengaja dikosongkan. Irama gending Jawa diputar sepanjang coblosan berlangsung.

“Kami patungan bersama, guyub menyewa perlengkapan pernikahan dari saudara yang punya bisnis sewa alat perkawinan. Harapannya angka partisipasi pemilih meningkat,” jelasnya kepada JIBI, Rabu (27/6/2018).

Suyatno mengatakan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 05 mencapai 279 orang. Dari angka itu, 30 di antaranya adalah kaum boro.

Sumber : JIBI/Solopos

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya