Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJIAN MASUK PTN, Masih Ada Dua Kesempatan Mendaftar ke UNY

Universitas Negeri Yogyakarta masih membuka dua jalur pendaftaran bagi siswa yang tidak lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Bisnis.com, SLEMAN – Universitas Negeri Yogyakarta masih membuka dua jalur pendaftaran bagi siswa yang tidak lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Profesor Margana menjelaskan bagi yang belum diterima melalui jalur SBMPTN, masih memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi melalui jalur Seleksi Mandiri Ujian Tulis (SM-Utul) dan Seleksi Mandiri SBMPTN (SM-SBMPTN).

SM Utul UNY dibuka pendaftaran secara online melalui laman uny.ac.id mulai 14 Juli 2018 sedangkan SM-SBMPTN pendaftaran dibuka pada 25 Juli 2018 yang dalam seleksinya akan menggunakan skor SBMPTN.

Adapun Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) secara resmi menerima 1.992 calon mahasiswa melalui jalur SBMPTN 2018. Prodi Manajemen menjadi salah satu yang paling ketat dengan peminat paling banyak di UNY.

Margana menjelaskan pendaftar SBMPTN di UNY pada 2018 mengalami peningkatan 10,5% dari 2017, dari sebelumnya 57.571 pendaftar menjadi 63.615 pendaftar di 2018. Pendaftar di 2018 terdiri atas 18.921 peserta menjadikan UNY sebagai pilihan pertama, 22.685 di pilihan kedua dan 22.009 sebagai pilihan ketiga.

“Dari total jumlah pendaftar itu, yang diterima saat ini sesuai hasil seleksi ada 1.992 calon mahasiswa,” terangnya dalam rilisnya, Senin (2/7) petang.

Margana mengatakan, Prodi Manajemen memiliki tingkat keketatan paling tinggi di UNY, dengan peminat sebanyak 4.661 peserta dan hanya diterima 30 calon mahasiswa. Disusul Pendidikan Teknik Informatika dengan peminat 2.014 orang dan hanya 17 calon mahasiswa yang diterima, kemudian Akuntansi pendaftar 3.324 orang dan diterima sebanyak 30 calon mahasiswa. Urutan keempat keketatan di UNY yaitu Ilmu Komunikasi dengan pendaftar 3.324 orang dan 34 orang diterima dan kelima Psikologi dengan jumlah pendaftar 3.066 orang dan diterima ada 34 calon mahasiswa.

“Selain itu ada lima prodi lagi yang masuk dalam sepuluh besar dengan keketatan tertinggi berada di urutan keenam hingga kesepuluha, antara lain, Administrasi Negara, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Bahasa dan Sastra Inggris, Statistika dan Pendidikan Teknik Boga,” urainya.

Sedangkan untuk prodi dengan jumlah pendaftar terbanyak Manajemen juga berada di urutan pertama, disusul Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Psikologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prodi Administrasi Negara.

Margana menambahkan, bagi calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima, diimbau untuk segera menyiapkan berkas yang diperlukan untuk melakukan registrasi di UNY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sunartono
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Harian Jogja

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper