Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemanfaatan Kartu Tani di Pati Tak Maksimal

Pendistribusiannya belum mencapai angka tersebut karena berbagai permasalahan di lapangan.
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, PATI—Pelaksanaan program kartu tani dalam pendistribusian pupuk bersubsidi di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, hingga kini belum terlaksana secara maksimal mengingat masih banyak petani yang belum mengantongi kartu tani.

"Informasi dari BRI, pencetakan kartu tani sudah mencapai 90 persen," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati Muchtar Efendi di Pati, Rabu (4/7/2018).

Hanya saja, kata dia, pendistribusiannya belum mencapai angka tersebut karena berbagai permasalahan di lapangan.

Di antaranya, lanjut dia, nama yang tertera pada kartu tani sulit ditemui, rekening tabungan petani belum diisi saldo yang berguna untuk melakukan transaksi pembelian pupuk, dan ada pula karena permasalahan nomor induk kependudukan (NIK) yang berbeda.

Ketika digelar pertemuan dengan petani, katanya, yang bersedia hadir biasanya juga sedikit karena berkisar 30-an persen.

Ia menduga masih banyak petani yang belum memahami program kartu tani sehingga kepeduliannya masih perlu ditingkatkan.

"Kami juga berulang kali melakukan sosialisasi kepada petani melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)," ujarnya.

Menurut dia sosialisasi program kartu tani sudah sering dilakukan, namun masih ada petani yang tergabung dalam kelompok tidak aktif menghadiri setiap kali ada pertemuan yang membahas berbagai permasalahan, termasuk kartu tani. Padahal, kata dia, dengan adanya program kartu tani, maka ketersediaan pupuk bersubsidi untuk para petani tersedia dengan aman sesuai kebutuhan.

Sejumlah permasalahan yang terjadi, katanya, merupakan hal lumrah terjadi karena saat ini merupakan masa transisi penerapan program kartu tani tersebut.

Ia berharap petani memahami bahwa pupuk bersubsidi merupakan komoditas terbatas yang pendistribusiannya diatur agar tepat sasaran.

"Program kartu tani bertujuan agar penyaluran komoditas bersubsidi tersebut lebih tepat sasaran karena setiap petani yang ingin mendapatkan kartu tani harus melengkapi sejumlah persyaratan," ujarnya.

Beberapa waktu lalu, para petani di Kabupaten Pati juga menggelar demo untuk menuntut penghapusan program kartu tani karena dinilai memberatkan.

Petani merasa dengan aturan baru justru merepotkan mereka karena harus memiliki saldo yang cukup di rekening tabungan untuk bisa membeli pupuk bersubsidi.

Mereka berharap program kartu tani diganti dengan program yang lebih mudah sehingga tidak menyusahkan petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper