Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kodam Diponegoro Berkukuh Tak Ada Monopoli Taksi di Ahmad Yani

Kodam IV/Diponegoro menegaskan tidak ada monopoli perusahaan taksi di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang.
Taksi online dilarang masuk bandara./mises.org
Taksi online dilarang masuk bandara./mises.org

Bisnis.com, SEMARANG – Kodam IV/Diponegoro menegaskan tidak ada monopoli perusahaan taksi di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang, sebab ada empat mitra Koperasi S16 Pangkalan Udara Utama Militer TNI AD (Lanumad) di area bandara itu.

Keempat operator itu adalah Taksi Atlas, Kosti, Astria dan Puri Kencana, kata Kepala Penerangan Kodam IV/Diponegoro Letkol Zaenuddin di Semarang, Jumat, menanggapi surat terbuka warganet di media sosial tentang taksi bandara.

Menurut Zaenuddin, pengelolaan Bandara Ahmad Yani Semarang mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 56 tahun 2015.

"Permenhub 56 menyatakan pengelolaan jasa pelayanan di Bandara Semarang harus melalui perjanjian kerja sama yang menguntungkan antara pengelola denfan perusahaan jasa terkait," katanya.

Permenhub tersebut menggarisbawahi, kata dia, jika seseorang dalam memilih sarana transportasi di komplek bandara Semarang ini tidak sebebas di ruang publik lainnya.

Ia menegaskan, ada empat operator taksi yang menjadi mitra Koperasi S16 Lanumad Ahmad Yani yang dibolehkan melayani transportasi di lingkungan bandara tersebut.

Dengan tidak adanya monopoli itu, kata dia, diharapkan akan membangkitkan persaingan pelayanan yang sehat sebagaimana diamanatkan dalam Permenhub 56.

Perlu diingat pula, kata dia, Bandara Ahmad Yaninpada dasarnya merupakan Lanumad, tetapi dilandasi dengan kesadaran dan keikhlasan untuk mendukung program pemerintah, maka dipergunakan bersama masyarakat.

"Mungkin hanya sedikit militer di dunia yang bandaranya digunakan bersama dengan maskapai penerbangan sipil.

Oleh karena itu, lanjut dia, sebagainunsur pertahanan negara, pihak pengelola bandara diminta menciptakan ketertiban, kelancaran, serta keamananyangbekstra ketat dibanding bandara lain.

"Di antaranya dengan membuat kerja sama yang ketat pula," katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada kesempatan berbeda meminta PT Angkasa Pura I (Persero) sebagai pengelola Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang merealisasikan rencana membuka peluang kemitraan dengan seluruh perusahaan penyedia taksi melalui lelang terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper