Pemprov Jateng Diminta Cermat Manfaatkan Tren Investasi Dunia

Oleh: Lucky Leonard 25 Juli 2018 | 14:12 WIB
Pemprov Jateng Diminta Cermat Manfaatkan Tren Investasi Dunia
Infrastruktur salah satu daya tarik suatu investasi.

Bisnis.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) didorong memanfaatkan momentum investasi dunia yang kebanyakan menyasar pasar Asia.

Wakil Ketua Bidang Investasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng Bernardus Arwin mengatakan tren investasi dunia saat ini mengarah ke Asia. Menurutnya, hal tersebut harus bisa dimanfaatkan oleh Pemprov Jateng dengan mendorong industri-industri unggulannya.

"Secara real dunia usaha di Jateng menyadari Pemprov sudah berbuat banyak. Aliran investasi ke Asia ini jadi tantangan tersendiri bagaimana Pemprov memanfaatkan momentum dari golden era ini," katanya, Rabu (25/7/2018).

Dia menjelaskan Jateng sudah memiliki modal yang cukup baik untuk menyambut aliran investasi dunia tersebut. Hal itu ditandai dengan perbaikan infrastruktur berupa pembangunan jalan tol dan pengembangan bandara.

Namun, Arwin menilai perlu ada perbaikan dalam terkait sistem informasi. Menurutnya, perlu informasi yang lebih konkret dan bisa diterima secara komprehensif oleh calon investor.

"Informasi ini sangat penting, terutama untuk menjelaskan potensi yang kita miliki dan keuntungan apa yang bisa mereka peroleh. Kadang-kadang investor asing mikirnya langsung Jakarta atau Surabaya," ujarnya.

Selain itu, dia pun mendorong Pemprov Jateng untuk memberikan insentif yang menarik kepada pada pengusaha. Dengan demikian, iklim investasi di Jateng bisa tetap terjaga.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer