Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Kopi Indonesia Bisa Terdampak Negatif Kebijakan Dagang AS

Eksportir kopi Jawa Tengah menilai rencana Amerika yang akan meninjau ulang Generalized System of Preference (GSP) Indonesia akan menjadikan harga kopi nasional tertekan dan kian mahal.
Biji kopi Robusta./Bloomberg-Dimas Ardian
Biji kopi Robusta./Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, SEMARANG – Eksportir kopi Jawa Tengah menilai rencana Amerika yang akan meninjau ulang Generalized System of Preference (GSP) Indonesia akan menjadikan harga kopi nasional tertekan dan kian mahal.

Wakil Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Jawa Tengah, Moelyono Soesilo mengatakan, Amerika masih menjadi negara pengimpor kopi Indonesia terbesar, sehingga dikhawatirkan pencabutan GSP akan berdampak pada berkurangnya volume ekspor kopi Indonesia.

"Kopi arabika ekspor kita terbesar ke Amerika, kalau fasilitas GSP dicabut, ini akan menekan harga kopi Indonesia. Harga kopinya bisa lebih mahal dibandingkan negara central Amerika," kata Moelyono Soesilo, Rabu (25/7/2018).

Menurutnya selain menekan harga, Indonesia juga terancam kehilangan pasar ekspor kopi lantaran para importir di Amerika akan beralih mengambil kopi dari negara seperti Columbia, Kostarika dan Uruguai karena harganya yang lebih murah.

Dia menambahkan, rasa kopi maupun aroma kopi yang bisa diubah dengan teknologi akan menyebabkan kopi dari negara produsen utama kian laku karena rasanya bisa disesuaikan dengan kopi Indonesia.

"Kalau harga lebih mahal, tentu biasanya akan pindah. Sedangkan kalau pebedaan rasa sekarang bisa diminimalisir dengan memakai teknologi," ucapnya.

Meski ada kekhawatiran, saat ini rencana peninjaun GSP tersebut memang belum memberikan dampak. Namun harga kopi Indonesia yang saat ini lebih mahal 80 - 100% dibanding negara central juga perlu menjadi perhatian khusus agar ekspor tetap stabil.

"Kita perlu persiapkan bagaimana agar peninjaun GSP tidak terjadi. Hal ini bisa diselesaikan pemerintah yang sudah tanggap mulai evaluasi produk ekspor-impor Amerika," jelasnya.

Secara nasional ekspor kopi Indonesia mencapai 50 hingga 10 juta karung per tahun atau senilai US$400 juta dolar. Dan pada tahun 2018 ini target ekspor kopi bisa mencapai 11.5 juta karung, sekitar 690 ribu ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper