Ini Curhatan Pedagang Beringharjo Saat Bertemu Sandiaga Uno

Oleh: Irwan A. Syambudi 30 Agustus 2018 | 10:58 WIB
Ini Curhatan Pedagang Beringharjo Saat Bertemu Sandiaga Uno
Sandiaga Uno saat berkunjung ke Pasar Beringharjo, Kamis (30/8/2018)./JIBI-Irwan A. Syambudi

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno berkunjung ke Pasar Beringharjo pada Kamis (30/8/2018).

Pedagang pasar saat bertemu Sandiaga yang juga merupakan ketua APPSI (Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia) berharap agar pemimpin memperhatikan kesejahteraan pedagang.

Sandiaga Uno yang berpasangan dengan Calon Presiden Prabowo Subianto di Pemilu 2019 melakukan kunjungan ke Pasar Beringharjo sekitar pukul 07.15 WIB. Sejumlah pedagang dan pengurus APPSI pun menyambut Sandiaga dengan ikut berdialog.

Ketua APPSI Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) APPSI Kota Jogja, Syahirman saat berdialog berharap agar Sandiaga sebagai Ketua APPSI selalu memperhatikan kesejahteraan pedagang. Ia juga berharap agar pasar tradisional diprioritaskan dalam pembangunan.

"Kami berharap, nantinya Insyaallah mulai sekarang bapak ini kan ketua APPSI pusat, jadi bapak kita pasti memikirkan kesejahteraan para pedagang. Insyaallah beliau bisa mewujudkan. Pasar tradisional adalah soko guru dari ekonomi rakyat, maka harus dilestarikan. Sudah terbukti bahwa pasar tradisional sangat membantu ekonomi rakyat," kata dia.

Sementara itu salah seorang pedagang yang juga Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo Bagian Tengah, Subaniat juga memiliki harapan yang sama. Ia ingin agar pimpinan APPSI memperhatikan nasib pedagang kecil. "Semoga pimpinan dan pedagang selalu harmonis," ungkapnya.

Sandiaga mengapresiasi pengelolaan di Pasar Beringharjo. "Saya lihat pengelolaan sudah baik dan kita berharap para pedagang di sini [Pasar Beringharjo] tambah makamur. harapan kita agar pasar tradisonal tetap eksis sebagai soko guru", katanya.

Lanjutnya lagi APPSI membawahi 12.000 pasar tradisional. Untuk itu ia menjadwalkan kunjungan ke sejumlah pasar tradisional untuk menyerap aspirasi pedagang pasar. Terlebih dalam waktu dekat APPSI akan mengadakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas).

"Sebentar lagi Rapimnas masukan dari Jogja bisa kita tampung dan berikan advokasinya kepada pemerintah," ujarnya.

Sumber : JIBI/Harian Jogja

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya