Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerek Pertumbuhan Ekonomi, BI Siap Kembangkan 4 Desa Wisata di Jateng

Sebagai upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi desa, Bank Indonesia (BI) menargetkan bisa mengembangkan 3-4 desa wisata di Jawa Tengah (Jateng) sepanjang tahun ini. n 
Desa wisata Mengwi di Bali./Istimewa
Desa wisata Mengwi di Bali./Istimewa

Bisnis.com, MAGELANG -- Sebagai upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi desa, Bank Indonesia (BI) menargetkan bisa mengembangkan 3-4 desa wisata di Jawa Tengah (Jateng) sepanjang tahun ini. 
 
Kepala Perwakilan BI Provinsi Jateng Hamid Ponco Wibowo mengatakan desa-desa yang dibina nantinya akan diamati oleh tim yang menggali potensi desa wisata tersebut. Adapun program pengembangan yang dilakukan bakal lebih fokus pada sektor kebersihan.
 
"Ada satu tim yang menilai sejauh mana aktivitas masyarakat di sini. Ketika kita lihat bagus, bisa untuk dikembangkan, akan diberi fasilitas pengembangan terkait kebersihan. Ini karena sebagian pengunjung mempermasalahkan kebersihan, sehingga bantuan kami lebih ke merenovasi Mandi, Cuci, Kakus (MCK) dan lainnya untuk menambah kenyamanan wisatawan," paparnya, Rabu (29/8/2018).
 
Ponco menambahkan kontribusi sektor pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi masih minim, tapi sudah mulai tumbuh seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan. Porsinya bertambah 3,5% jika dibandingkan dengan tahun lalu. 
 
BI sebelumnya telah mengembangkan Desa Wisata Sembungan di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Pada Rabu (29/8), bank sentral Indonesia juga sudah menyerahkan program sosial pengembangan kawasan Desa Wisata di Desa Candirejo Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng.
 
Bantuan yang diberikan berupa pembangunan musala, pembangunan tempat wudu, pembuatan papan petunjuk kawasan, pembangunan MCK komunal, pembangunan 10 set tempat sampah permanen dan sarana transportasi kebersihan lingkungan (1 unit mobil pick up), serta melakukan perbaikan transportasi tradisional wisatawan (25 unit andong).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler