Banyumas & Cilacap Diperkirakan Memasuki Musim Hujan Oktober

Oleh: Newswire 04 September 2018 | 13:03 WIB
Banyumas & Cilacap Diperkirakan Memasuki Musim Hujan Oktober
Ilustrasi./Antara-Wahyu Putro A

Bisnis.com, CILACAP – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan Kabupaten Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah, memasuki musim hujan pada Oktober, kata pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Rendi Krisnawan.

"Musim hujan di wilayah Banyumas secara umum diprakirakan mulai pertengahan Oktober dan beberapa daerah pada akhir Oktober, sedangkan wilayah Cilacap bagian tengah dan perbatasan Banyumas pada akhir Oktober," katanya di Cilacap, Selasa (4/9/2018).

Ia mengatakan musim hujan di wilayah Cilacap bagian selatan serta Cilacap bagian utara hingga perbatasan dengan Brebes dan Jawa Barat diprakirakan mulai awal November.

Musim hujan di wilayah Cilacap bagian barat hingga perbatasan Jawa Barat diprakirakan berlangsung mulai pertengahan November.

"Kami prakirakan berlangsung normal karena secara umum, awal musim hujan di wilayah Banyumas dan Cilacap berlangsung mulai pertengahan Oktober-November," katanya.

Kendati sekarang masih musim kemarau, Rendi memrakirakan hujan dengan intensitas ringan berpeluang terjadi pada September.

Curah hujan pada dasarian (10 hari, red.) pertama September diprakirakan berkisar 0-50 milimeter, sedangkan pada dasarian kedua September, dasarian ketiga September, dan dasarian pertama Oktober diprakirakan 0-20 milimeter.

"Curah hujan pada dasarian pertama September hingga dasarian pertama Oktober termasuk kategori rendah, sehingga petani sawah tadah hujan diimbau untuk tidak buru-buru mengolah sawahnya karena saat sekarang masih dalam musim kemarau," katanya.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer