Ganjar Siap-Siap Pelantikan 5 September, Jadwal Dimajukan dari 17 September

Oleh: Alif Nazzala Rizqi 04 September 2018 | 15:13 WIB
Ganjar Siap-Siap Pelantikan 5 September, Jadwal Dimajukan dari 17 September
Cagub Jateng nomor urut 1 Ganjar Pranowo (kiri) bersama istri Siti Atiqoh, memperlihatkan surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, di tempat pemungutan suara (TPS) 2, Kelurahan Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/6/2018)./ANTARA-R. Rekotomo

Bisnis.com, SEMARANG - Gubernur Jateng terpilih 2018 - 2023 Ganjar Pranowo melakukan telah melakukan berbagai persiapan untuk pelantikan dirinya besok, Rabu (5/9/2018).

Ganjar Pranowo bahkan, sudah mencoba seragam resminya untuk dilantik sebagai gubernur di Istana Merdeka Jakarta. Selain itu, belum ada persiapan khusus jelang pelantikan Gubernur. 

"Persiapannya untuk pelantikan gubernur sudah matang. Tadi pagi itu saya sudah nyobain seragamnya. Tinggal besok lagi latihan gladi resiknya," kata Ganjar di Gradhika Bakti Praja, Semarang, hari ini Selasa (4/9/2018).

Politisi PDIP tersebut menyatakan, harus pulang lebih awal dari Lombok setelah mendengar kabar pelantikan gubernur di majukan, setelah sebelumnya dijadwalkan 17 September dimajukan menjadi 5 September. 

Dia menjelaskan, meskipun jadwalnya dipersingkat Ganjar mengaku telah mengunjungi titik-titik pusat bencana dan pengungsian. Setelah keliling ke sejumlah tempat Ganjar juga menekankan agar para relawan juga membantu persebaran informasi. 

Berdasarkan radiogram Menteri Dalam Negeri yang bersifat segera bernomor T.121/7055/OTDA tertanggal 4 September 2018, pelantikan kepala daerah besok akan dilangsungkan di Istana Negara pukul 09.00 Rabu (5/9/2018).

Tercatat ada 9 gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gubernur Papua, dan Sumatera Utara.

"Dua hari di Lombok kita ngecek saja, distribusinya bener tidak tersampaikan kepada masyarakat. Yang penting sebenarnya saya tekankan pada siapapun, kita bisa menyampaikan tempat untuk informasi, informasi harus sampai ke masyarakat dan gampang diakses," katanya.

Ganjar menuturkan, tahapan pelantikannya sebagai gubernur terpilih, lanjutnya akan dimulai pukul 07.30 WIB pagi. Segala hal sudah disiapkannya dengan baik.

Sementara itu, Syarifuddin sebagai Penjabat Gubernur Jawa Tengah menyatakan telah pamitan dengan para pegawai kantor Pemprov.

"Sekaligus dalam acara penyerahan tali asih bagi atlet yang berprestasi di Asian Games, saya juga memohon diri untuk pamitan karena besok Pak Ganjar akan dilantik sebagai gubernur terpilih," katanya.

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya