Astra UD Trucks Semarang Incar Penjualan RKE 150 Hingga 100 Unit

Oleh: Alif Nazzala Rizqi 07 September 2018 | 17:50 WIB
Astra UD Trucks Semarang Incar Penjualan RKE 150 Hingga 100 Unit
Dari Tengah Branch Manager UD Trucks Sales Operation cabang Semarang, Wisnu Wibowo

Bisnis.com,  SEMARANG - Astra International UD Trucks Sales Operation Cabang Semarang menargetkan, penjualan truk terbaru yakni RKE 150 mencapai 100 unit hingga akhir tahun 2018. 

 

Adapun, angka ini akan membuat RKE 150 menguasai 10% market share truck khusus kelas Light Truck di Jateng DIY.

 

Branch Manager UD Trucks Sales Operation cabang Semarang, Wisnu Wibowo mengatakan, kehadiran RKE 150 ini sebenarnya sudah ada sejak tiga tahun yang lalu di Indonesia, namun sebelum diluncurkan, truck ini dilakukan pengujian dan penyempurnaan sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia.

 

"Ini pertama kali RKE 150 masuk ke pasar Indonesia, tapi sudah ada dan diuji tiga tahun ini," kata Wisnu, Jumat (7/9/2018).

 

Wisnu mengungkapkan, RKE 150 Light Truck merupakan pilihan baru bagi pelaku usaha khususnya kargo, dump dan kotruksi. 

 

Saat ini lanjutnya, sudah ada permintaan terhadap truk tersebut sebanyak 50 unit se Jateng DIY. Angka ini diperkirakan akan bertambah mengingat banyak keunggulan yang hanya dimiliki RKE 150 di kelasnya.

 

"Kami membelikan opsi lebih kepada konsumen agar pengangkutan barang lebih optimal terutama untuk menyikapi program pemerintah terkait over dimensi dan over loading," ujarnya.

 

Pihaknya tidak menargetkan penjualan yang berlebih, lantaran saat ini kondisi perekonomian sedang bergejolak.

Selain melemahnya rupiah terhadap dollar amerika, kenaikan suku bunga juga mempengaruhi daya beli konsumen.

 

"Tapi di sisi lain, ada konsumen yang melihat ini peluang bagus untuk berinvestasi sebelum harga harga naik. Kalau kenaikan seperti ini (dollar dan suku bunga), maka akan ada penyesuaian harga," ucapnya.

 

Menurut Wisnu, saat ini meski dollar amerika semakin tangguh dan suku bunga mengalami kenaikan, namun pihaknya belum melakukan penyesuaian harga. "Biasanya tiga bulan baru penyesuaian, antara lima sampai tujuh persen," katanya.

 

Workshop Head Astra International UD Trucks Sales Operation, Slamet Wijianto menambahkan, RKE 150 dibekali mesin 4.000 CC dan dibekali sistem Common Rail yang merupakan tekhnologi terbaru mesin diesel.

 

Mesin 4.000 CC ini menghasilnya power 150Hp dan torsi 490 newton. Power ini diakui Slamet adalah yang paling besar di kelas Light Truck. 

 

"Selain keunggulan di mesin, RKE 150 juga memiliki kabin yang lebih besar dibanding truk lain di kelasnya.

Kabin berukuran 2,1 meter membuat space lebih lebar dan menunjang kenyamanan pengemudi," jelasnya.

 

Tak sampai disitu, lanjutnya, truk ini juga dibekali tekhnologi smart truck. Di layar spedometer, akan ada mode panduan agar sopir bisa mengoperasikan truck secara lebih efisien. Untuk harga RKE 150 dibanderol harga on the road Rp300 jutaan. 

 

"Di dalamnya sudah terpasang OBD, ada juga cruise control dimana saat jalanan lengang pengemudi bisa mengunci kecepatan tanpa menginjak pedal gas. Makin nyaman lantaran di dalam kabin sudah ada AC," terangnya.

 

Selain kelas Light Truck, UD Trucks juga memperkenalkan dua varian yang melengkapi line up truck. Dua varian baru ini yakni CQE 280 8x2 Quester dan GDE 280 Tracktor Head 6x2. Masing masing dibanderol harga OTR seharga Rp800 jutaan di Jateng DIY. 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya