Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Organda Minta Perizinan Angkutan Pariwisata Bukan Trayek Dipercepat

Organisasi Angkutan Darat Daerah Istimewa Yogyakarta berharap Kementerian Perhubungan dapat mempercepat proses perizinan operasional angkutan pariwisata tidak dalam trayek.
Ilustrasi./Skoda
Ilustrasi./Skoda

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Organisasi Angkutan Darat Daerah Istimewa Yogyakarta berharap Kementerian Perhubungan dapat mempercepat proses perizinan operasional angkutan pariwisata tidak dalam trayek.

"Angkutan pariwisata tidak dalam trayek kan sekarang harus registrasi dulu. Kami berharap dengan registrasi secara online prosesnya bisa lebih cepat," kata Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY Hantoro di Yogyakarta, Jumat (21/9/2018).

Menurut Hantoro, selama ini proses perizinan angkutan pariwisata cukup lama mencapai dua hingga tiga bulan. Padahal masa berlaku surat izin tersebut hanya satu tahun.

"Dengan demikian kalau harus mengurus tiga bulan, maka kami hanya bisa menggunakan (surat izin) sembilan bulan," kata dia.

Oleh sebab itu, ia berharap dengan rencana pengubahan proses perizinan menjadi secara online proses perizinan bisa lebih cepat sehingga pelayanan transportasi pariwisata di Yogyakarta bisa lebih optimal.

"Kami berharap pemerintah pusat bisa segera mempersingkat birokrasi ini," kata dia.

Hantoro menyebutkan, hingga saat ini kuota bus atau angkutan pariwisata di Yogyakarta mencapai 624 unit. Namun demikian ada beberapa unit bus yang sudah tidak bisa operasional melayani wisatawan.

"Tapi dari semua PO bus pariwisata di Yogyakarta, 90 persen perusahaan telah melakukan peremajaan angkutan dan secara keseluruhan memiliki kualitas pelayanan yang optimal," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper