Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ganjar Janji Sikat Habis Praktik Pungli KIR

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bereaksi keras atas tertangkapnya dua petugas Dishub Kabupaten Rembang dalam Operasi Tangkap Tangan Saber Pungli, Kamis (4/10/218). Bahkan, dia berujar akan terus memberantas praktik KIR jika tidak ada perbaikan. 
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Trans Jateng Purwokerto  Purbalingga pada Senin (13/8/2018)./Bisnis.com-Alif Nazzala Rizqi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Trans Jateng Purwokerto Purbalingga pada Senin (13/8/2018)./Bisnis.com-Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bereaksi keras atas tertangkapnya dua petugas Dishub Kabupaten Rembang dalam Operasi Tangkap Tangan Saber Pungli, Kamis (4/10/218). Bahkan, dia berujar akan terus memberantas praktik KIR jika tidak ada perbaikan. 

KIR merupakan kumpulan rangkaian kegiatan untuk melakukan uji kelayakan kendaraan bermotor untuk digunakan secara teknis di jalan raya, khususnya bagi kendaraan angkutan penumpang dan barang.

Pada operasi Tim Saber Pungli yang dimotori kepolisian di Rembang kemarin, selain dua petugas turut diamankan uang Rp21,5 juta. Selanjutnya kepolisian terus menelusuri aliran uang tersebut.

"Biar kapok.  Ini ada saber pungli dari Kepolisian yang terus bergerak. Dan itu sebenarnya laporannya sudah lama," kata Ganjar dalam keterangan resminya Rabu (10/10/2018).

Menurut Ganjar KIR itu penyakit karena menjadi salah satu sumber besar praktik pungli. Dia pun meminta kepada pemerintah kabupaten/kota untuk turut aktif dalam menghalau praktik korup tersebut.

"Ayolah kawan-kawan, Pak bupati titip ya, nanti KIR-nya disikat. Ingatkan dulu, kalau tidak bisa kita sikat," tegasnya.

Proses memberantas praktik pungli seperti itu memang pernah dilakukan Ganjar. Diawali pengawasan dan peringatan. Ketika dua hal tersebut tak digubris, barulah eksekusi.

"Saya dulu bicara jembatan timbang kan juga sama. Tak ingatkan, tidak bisa tak sikat," kata Ganjar. 

Ganjar berharap tim Saber pungli untuk terus keliling melakukan pencegahan. Terus melakukan warning, terus eksekusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper