Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IndonesiaNEXT 2018 Diikuti 3.336 Peserta di Semarang

Dalam rangka menyiapkan generasi muda Indonesia dalam menghadapi persaingan global, Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT.
GM Sales Region Jateng & DIY Telkomsel Retno Wardani (dari kiri), GM Youth and Community Jawa Bali Telkomsel Endra Diputra, Wakil Rektor 1 Universitas Diponegoro Muhammad Zainuri, dan Direktur Kemahasiswaan Universitas Diponegoro Handojo Djoko Waloejo membuka acara IndonesiaNEXT yang diadakan di Gedung Prof. Soedarto SH, Universitas Diponegoro, Semarang, Kamis (11/10/2018)./Istimewa
GM Sales Region Jateng & DIY Telkomsel Retno Wardani (dari kiri), GM Youth and Community Jawa Bali Telkomsel Endra Diputra, Wakil Rektor 1 Universitas Diponegoro Muhammad Zainuri, dan Direktur Kemahasiswaan Universitas Diponegoro Handojo Djoko Waloejo membuka acara IndonesiaNEXT yang diadakan di Gedung Prof. Soedarto SH, Universitas Diponegoro, Semarang, Kamis (11/10/2018)./Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG – Dalam rangka menyiapkan generasi muda Indonesia dalam menghadapi persaingan global, Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT.

Pada tahun ketiga penyelenggaraannya, program yang menyasar pada peningkatan keahlian mahasiswa di bidang profesional ini menghadirkan berbagai seminar dan talkshow inspiratif, program sertifikasi, pelatihan keahlian berkomunikasi (communication skill) dan digital marketing, sebelum akhirnya  diadakan bootcamp sebagai tahapan akhir untuk memilih peserta terbaik IndonesiaNEXT 2018.

General Manager Youth And Community Jawa Bali Endra Diputra mengatakan sebagai perusahaan yang turut bertanggung jawab dalam memajukan generasi muda Indonesia, pihaknya berupaya untuk mendukung pengembangan kemampuan dan pengetahuan mahasiswa dalam rangka meningkatkan daya saing di tingkat internasional.

“Melalui IndonesiaNEXT, kami berharap generasi muda kita semakin cakap dan kompeten untuk bersaing secara global,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (11/10/2018).

Menurutnya, pada tahun ini IndonesiaNEXT digelar di lebih banyak perguruan tinggi di Indonesia, sehingga makin banyak mahasiswa yang dapat berpartisipasi dan mendapatkan kesempatan untuk menajamkan kompetensinya.

Mengambil tema “Yes, Im The Next”, IndonesiaNEXT 2018 diadakan di 15 kota di Indonesia, yakni Bogor, Padang, Lampung, Bandung, Makassar, Pontianak, Semarang, Malang, Medan, Jakarta, Surabaya, Denpasar, Manado, Merauke, dan Banjarmasin.

Pada tahap awal, setidaknya 3.336 peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan dan jenjang pendidikan perguruan tinggi di Jawa Tengah akan berpartisipasi dalam seminar inspiratif dan pelatihan digital marketing.

Seminar inspiratif yang menghadirkan para pembicara dari praktisi bisnis yang telah sukses di bidangnya ini diharapkan akan memberikan gambaran tentang persaingan di industri, serta wawasan tentang peningkatan mutu dan kompetensi sumber daya manusia agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja berkelas dalam skala global.

Pelatihan digital marketing akan berlangsung selama tiga hari, dimana peserta akan mendapatkan pelatihan materi sesuai minat yang dipilih sebelum mengikuti ujian sertifikasi internasional.

Beberapa pilihan materi yang disediakan yaitu Digital Content Marketing using Hubspot, Technical Design Presentation using Microsoft Office Powerpoint 2013, dan Visual Design and Communication using Adobe Photoshop CS6/CC.

Setelah mendapatkan pelatihan, 400 peserta terpilih akan mengikuti persiapan ujian terkait opsi sertifikasi internasional yang diminati.

Ujian sertifikasi internasional sendiri diadakan secara online, yang terdiri dari sertifikasi Digital Marketing Certified Hubspot, Adobe Certified Associate Photoshop CS6/Creative Cloud 2018, dan Microsoft Office Specialist Powerpoint 2013.

Kemudian, dari 400 peserta sertifikasi, akan dipilih 100 peserta yang mendapatkan scoring sertifikasi terbaik, yang berkesempatan untuk mengikuti pelatihan Technical Data Processing dan ujian sertifikasi internasional Microsoft Office Specialist Excel 2013.

Tahap selanjutnya adalah pelatihan Communication Skill, dimana akan ditentukan 30 peserta (TOP 30 Area) dari setiap kota berdasarkan nilai sertifikasi terbaik.

Para peserta akan dilatih oleh pembicara dari Talk Inc. agar dapat melakukan presentasi dengan menarik, komunikatif, komprehensif, dan informatif.

Tahapan ini akan diakhiri dengan evaluasi dan penilaian dari trainer berdasarkan presentasi yang dibuat dan disajikan peserta di depan panel, untuk kemudian mendapatkan 3 peserta terbaik dari tiap-tiap kota (TOP 3 Area).

Selanjutnya, peserta TOP 3 Area akan mendapatkan pembekalan secara intensif dalam tahap National Bootcamp, dengan materi Impactful Presentation and Communication, Critical Thinking, dan Industry Insight. Pada akhirnya,  peserta terbaik IndonesiaNEXT 2018 melalui proses National Qualification Panel.

Pada penyelenggaraan IndonesiaNEXT 2017 lalu, telah terpilih 10 peserta terbaik nasional dari lebih 11.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Belum lama ini, ke-10 pemenang tersebut telah berkesempatan mendapatkan short course di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan teknologi ternama di San Francisco, Amerika Serikat.

Selama penyelenggaraan IndonesiaNEXT sejak 2016,  Telkomsel telah menghasilkan 4.036 peserta yang mengantongi sertifikasi internasional. Pada kompetisi 2017, tercatat 12.980 mahasiswa dari 529 perguruan tinggi yang melakukan registrasi pendaftaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper