Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Relawan BPBD Jateng Bantu Korban Gempa Palu

Tim relawan di bawah naungan BPBD Jawa Tengah telah melakukan aksi nyata dalam membantu korban bencana di Palu Sulawesi Tengah.

Bisnis.com, SEMARANG - Tim relawan di bawah naungan BPBD Jawa Tengah telah melakukan aksi nyata dalam membantu korban bencana di Palu Sulawesi Tengah.

Sejak diberangkatkan 6 Oktober lalu, beberapa kegiatan telah dilaksanakan tim relawan Jateng setelah sampai di lokasi bencana. Seperti pembangunan hunian sementara (huntara), pembangunan rumah sakit tenda, bantuan penyaluran air bersih, pembuatan dapur umum dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Kepala BPBD Jawa Tengah, Sarwa Pramana mengatakan, tim relawan Jateng telah mulai melakukan aksi nyata sejak 11 Oktober lalu.  Tim langsung dibagi menjadi beberapa bagian untuk melakukan gerakan cepat membantu para korban.

“Kami bagi tim agar pelaksanaan bantuan dapat berjalan cepat.  Jadi begitu sampai di lokasi, kami langsung melaksanakan pekerjaan sesuai tugas masing-masing tim,” kata Sarwa Jumat (12/10/2018).

Adapun, tim yang sudah dibentuk terdiri dari tim tenda sebanyak 14 orang yang bertugas membangun tenda untuk relawan dan rumah sakit sementara di RS Samaritan dan RS Budi Agung Palu, tim huntara sebanyak 25 orang untuk membangun rumah di Petobo Palu, tim dapur umum sebanyak 20 orang yang menyediakan makanan untuk didistribusikan kepada masyarakat serta tim relawan.

“Ada juga tim kesehatan yang melayani pasien serta melakukan inventarisasi dan mendistribusikan obat-obatan ke beberapa titik,” tambahnya.

Pihaknya juga telah berhasil membangun instalasi air bersih yang disalurkan kepada masyarakat di Palu. Instalasi air bersih sudah berhasil dipasang dengan kapasitas dua galon perjam.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku senang dengan kinerja tim relawan Jateng di lokasi bencana Palu. Apa yang dipesankan sejak keberangkatan bahwa tim relawan tidak boleh merepotkan ternyata dapat dibuktikan.

“Saya sangat senang mendapat laporan ini. Saya sendiri akan datang ke Palu pada Senin (15/10) besok untuk mendampingi para relawan,” ucap Ganjar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas rombongan relawan yang akan ditugaskan membantu korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Minggu (6/10). Selain relawan, sejumlah truk berisi bantuan dari berbagai instansi juga diberangkatkan ke lokasi bencana.

Sebanyak 119 relawan dari berbagai unsur masyarakat dikirimkan dalam kesempatan itu untuk melaksanakan proses bantuan selama seminggu.

Selama seminggu itu, tim relawan memiliki target dapat mendirikan hunian sementara sebanyak 100 unit, membuka layanan kesehatan, memberikan layanan air bersih, serta distribusi logistik dan pembuatan dapur umum.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper