Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wings Air Berhasil Terbang Perdana ke Karimunjawa

Lion Air berhasil melakukan penerbangan perdana ke Bandara Dewandaru Karimunjawa dari Bandara Ahmad Yani Semarang, Jumat (12/10/2018) dengan pesawat ATR 72-600.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Direktur Utama Lion Air Group Edward Sirait usai melepas penerbangan pertama Lion Air ke Karimunjawa
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Direktur Utama Lion Air Group Edward Sirait usai melepas penerbangan pertama Lion Air ke Karimunjawa

Bisnis.com, SEMARANG - Wings Air berhasil melakukan penerbangan perdana ke Bandara Dewandaru Karimunjawa dari Bandara Ahmad Yani Semarang, Jumat (12/10/2018) dengan pesawat ATR 72-600.

Adapun, Pesawat ATR 72-600 ini berkapasitas 72 seat (dari Semarang), sedangkan berangkat dari Karimunjawa berkapasitas 50 orang.

Direktur Utama Lion Air Group Edward Sirait menuturkan, dengan penerbangan pertama ini diharapkan banyak masyarakat yang terbang ke Karimunjawa menggunakan Wings Air.

Bahkan, pihaknya mengaku siap menambah jadwal flight jika penerbangan ini cukup diminati masyarakat. Terlebih dengan jarak tempuh dari Semarang hanya 30 menit. 

"Saat ini tiket rute Karimunjawa-Semarang dijual dengan harga Rp460.600. Kemudian untuk rute Semarang-Karimunjawa hanya Rp 407.000. Untuk jadwal kita terbang regular (daily) atau tiap hari berangkat pukul 11.20 WIB," katanya. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang melepas penerbangan tersebut menegaskan, bakal terus menggenjot promosi dan pembangunan untuk menarik wisatawan ke Karimunjawa. 

Ganjar mengaku, sudah memimpikan jadwal penerbangan reguler rute Semarang - Karimun. Meski telah sempat beberapa maskapai yang menggarap rute tersebut, namun kondisinya masih sepi peminat.

"Ini menjadi impian lama karena beberapa penerbangan catatan saya ada tiga penerbangan sebelumnya mendahului dan  tidak terlalu sukses. Sekarang Wings Air kita minta untuk terbang tiap hari mudah-mudahan sukses. Sekaligus kita mempromosikan," katanya.

Disisi lain, kesuksesan transportasi memang terletak pada ramai dan tidaknya masyarakat yang menggunakan. Jika dilihat potensi daerah tujuan, yakni Karimunjawa, Ganjar yakin penerbangan yang dilakukan setiap hari ini akan sukses dan meningkatkan jumlah wisatawan. 

"Ini tempat yang sangat menarik, diving resort bagus, taman lautnya bagus, kalau transportasinya bagus maka ini akan menyelesaikan banyak persoalan," katanya. 

Kendati demikian kata Ganjar, masih ada hal yang perlu dikerjakan untuk menjadikan Karimunjawa sebagai primadona wisata laut sekelas Bali, Lombok maupun Labuan Bajo. Jika transportasi sudah, tinggal peningkatan fasilitas. 

"Karimunjawa nya mesti diperbaiki agar orang makin minat dateng, fasilitas, bandara mesti dikembangkan termasuk yang Dewandaru. Maka itu perlu penambahan runway.  Ini tugas saya ke pak menteri Perhubungan," katanya. 

Ganjar menambahkan, harus disiapkan adalah sumber daya manusia di Karimunjawa agar mampu mengelola daerahnya jika akhirnya banyak kunjungan wisatawan. Terutama terkait kesiapan menyelenggarakan acara. 

"Yang di sini juga sudah siap. Maka berikutnya adalah membuat event yang ada di sana agar orang bisa berdatangan dan mereka tertarik untuk itu," katanya. 

Menurut Ganjar, Karimunjawa merupakan satu dari empat destinasi wisata andalan Jawa Tengah yang mendapat prioritas dari pemerintah pusat, selain Candi Borobudur, Dieng dan wisata sejarah Sangiran. 

 "Setelah ini selesai runway diperbaiki akan kami kembangkan dengan beberapa titik destinasi yang lain. Target kita sih mau minta muntahan saja dari Bali," katanya. 

 Dia juga mengaku, beberapa investor asing sangat tertarik untuk membantu pengembangan pariwisata di Karimunjawa. Dengan catatan tidak ada lagi kendala listrik, energi dan Infrastruktur. 

 "Lanskap sudah kita siapkan review sudah kita siapkan. Nanti kita minta Bupati untuk lebih aktif. Ada beberapa teman dari luar negeri kita coba tawarkan mau tidak investasi pariwisata," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper