Tes CPNS di Jogja Gagal Digelar, Ini Penyebab & Jadwal Barunya

Oleh: Sunartono 26 Oktober 2018 | 13:12 WIB
Tes CPNS di Jogja Gagal Digelar, Ini Penyebab & Jadwal Barunya
Ilustrasi./Antara-Adeng Bustomi

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Jogja gagal digelar Jumat (26/10) akibat komputer untuk pelaksanaan tes belum siap.

Panitia terpaksa membatalkan pelaksanaan tes selama dua hari. Peristiwa gagalnya tes CPNS itu terjadi di GOR Among Rogo Kota Jogja. Di gedung ini merupakan tempat seleksi dari peserta yang melamar sebagai CPNS di lingkungan Pemda DIY serta kabupaten/kota di seluruh DIY.

Pengawas Ujian CAT CPNS dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional I DIY Supriyanto mengakui gagalnya pelaksanaan tes CPNS karena peralatan belum siap.

Jumlah laptop yang seharusnya tersedia adalah 480 unit dengan rincian 450 untuk peserta dan 30 unit sebagai cadangan. Sayangnya jumlah yang tersedia di dalam gedung baru 200 unit, itu pun tiba di lokasi pada pukul 03.00 WIB, Jumat (26/10).

Sedangkan 250 unit laptop lainnya belum tiba di lokasi, bahkan armada pembawa unit tersebut tidak bisa dipantau.

"Informasi yang kami dapatkan, armada satunya yang membawa laptop ini tidak bisa dihubungi, dilacak kendaraan menggunakan GPS juga tidak bisa dideteksi," katanya.

Padahal pelaksanaan tes CAT setiap sesi berjumlah 450 peserta dengan 450 laptop. Pada Jumat (26/10) seharusnya terlaksana tiga sesi atau 1.350 peserta. Kemudian pada Sabtu (26/10) hingga Jumat (2/11) pekan depan terjadwal lima sesi setiap harinya.

Supriyanto menambahkan untuk mendukung keberadaan unit, akan didatangkan laptop dari Solo dan Bandung. Panitia terpaksa membatalkan pelaksanaan ujian pada Jumat (26/10) dan Sabtu (27/10) dengan alasan teknis tersebut. Peserta yang terjadwal di kedua hari itu diganti kemungkinan pelaksanaannya pada Sabtu (3/11) dan Minggu (4/11) pekan depan.

Penundaan di Semarang

Adapun dari Semarang dilaporkan, tes Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang digelar di Kabupaten Semarang dan Kota Magelang, Jawa Tengah (Jateng) mengalami penundaan.

Tes CPNS di Ungaran yang semula digelar Jumat-Selasa (26-30/10/2018) terkendala masalah teknis hingga jadwalnya harus diubah pada 1-5 November mendatang. Sedangkan, tes di Magelang yang rencana digelar 26-27 Oktober diubah menjadi 15-16 November.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng, M. Arief Irwanto, mengatakan penundaan tes CPNS disebabkan adanya permasalahan jaringan.

"Pengunduran dikarenakan masalah teknis, online di tim Panitia Seleksi Nasional [Panselnas]. Jadi tidak bisa digelar. Masalah ini hanya berlaku di lokasi tes yang digelar di Magelang dan Ungaran [Kabupaten Semarang]," ujar Arief saat dihubungi JIBI, Jumat pagi.

Arief mengatakan tes CPNS di Jateng digelar di empat lokasi. Selain Magelang dan Ungaran, tes juga dilaksanakan di GOR Diponegoro, Sragen, dan GOR Satria, Purwokerto.

"Untuk yang di Sragen tidak ada kendala. Tes sudah dilaksanakan sejak tadi pagi. Kalau yang di Purwokerto, mulai digelar tanggal 29 Oktober nanti," terang Arief.

Sumber : JIBI/Harian Jogja & Solopos

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer