Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kereta Komuter Baru ke Jateng Beroperasi 1 Desember

KAI berencana menghadirkan kereta yang menghubungkan sejumlah kota di Jateng dan DIY.
Kereta komuter ilustrasi./KAI
Kereta komuter ilustrasi./KAI

Bisnis.com, SEMARANG - PT KAI berencana menghadirkan kereta yang menghubungkan sejumlah kota di Jateng dan DIY. Kereta jenis komuter tersebut rencananya akan dilaunching pada 1 Desember mendatang.

Manajer Humas PT KAI Daop V Supriyanto mengatakan, kereta tersebut diluncurkan untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Pasalnya, saat ini kereta api merupakan moda transportasi yang cukup digemari karena aman dan cepat.

"Ini masih kita bahas (di pusat), tapi ini memang baru bocoran. Yang jelas 1 Desember nanti ada perjalanan KA baru," ujarnya Senin (19/11/2018).

Menurutnya, pembahasan menyangkut hal-hal teknis, termasuk jadwal serta rangkaiannya. Intinya, KA ini bakal melayani penumpang dengan rute Purwokerto - Tegal - Semarang - Solo - Jogjakarta - Kutoarjo - Kroya - Purwokerto.

Kendati demikian, Supriyanto berujar bahwa pihaknya masih belum bisa memastikan titik pemberangkatan KA komuter ini. Apakah dari Purwokerto atau Jogjakarta terlebih dahulu. "Kemungkinan besar pakai satu eksekutif dan tujuh premium. Tapi bisa berubah nanti," tambahnya.

Prediksi rangkaiannya, bisa saja meneruskan KA Kamandaka dengan relasi Purwokerto-Semarang Tawang. Atau bahkan ada KA baru lain lagi nantinya.

Lebih lanjut, Supriyanto menyampaikan bahwa KA ini mampu menjadi sarana angkutan alternatif bagi masyarakat atau penumpang dari kawasan pantai utara, ke wilayah selatan Jateng dan sebaliknya. Baik untuk kepentingan pekerjaan, pendidikan, wisata, dan lain sebagainya.

"Ini juga untuk masa angkutan Natal dan Tahun Baru. Karena okupansi KA Kamandaka sendiri rata-rata okupansinya di atas 80%. Purwokerto-Semarang, Purwokerto-Tegal-Semarang, cukup bagus," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper