Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OBJEK WISATA MANGUNAN: Pemudik Disarankan Lewat Imogiri Selatan

Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul menyarankan wisatawan atau pemudik yang akan berwisata ke objek wisata Mangunan Dlingo melewati wilayah Imogiri atau sisi selatan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANTUL--Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul menyarankan wisatawan atau pemudik yang akan berwisata ke objek wisata Mangunan Dlingo melewati wilayah Imogiri atau sisi selatan.

"Rekomendasinya wisatawan yang ke Mangunan bisa lewat selatan melalui Imogiri jika datang dari arah Kota Yogyakarta," kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul Aris Suharyanto di Bantul, Jumat.

Menurut dia, sedangkan wisatawan yang datang dari arah timur Kabupaten Gunung Kidul DIY jika mau berwisata ke Mangunan bisa lewat utara melalui simpang tiga Patuk Wonosari ke selatan menuju arah Dlingo.

Ia mengatakan, disarankan agar melewati Imogiri atau selatan khususnya dari Yogyakarta itu karena Dishub tidak merekomendasikan tanjakan Cino Mati yang terdapat di jalur Pleret dengan Dlingo sebagai jalur alternatif wisatawan.

"Jalur Cino Mati memang jalur alternatif terdekat ke Mangunan dari kota, tetapi tidak kita rekomendasikan, karena tanjakan curam dan berkelok bisa membahayakan pengendara yang tidak tahu medan," katanya.

Ia mengatakan, pilihan wisatawan bisa melewati selatan Imogiri, meskipun jarak tempuh lebih jauh ketimbang melewati Cino Mati, namun kondisi dan akses jalan lebih mendukung wisatawan luar daerah, meski tetap harus berhati-hati.

"Itu karena selama libur Lebaran ini ada peningkatan volume kendaraan wisatawan ke Mangunan sekitar 50 persen dibanding Lebaran 2016. Peningkatannya cukup signifikan," katanya.

Sementara itu, ditanya terkait dengan pelebaran jalur Cino Mati di perbatasan Pleret dengan Dlingo agar akses jalan makin memadai, Aris mengatakan, sejauh ini belum ada kajian maupun pembahasan di internal instansinya.

"Kita belum ada kajian pelebaran jalan Cino Mati, Dishub juga memang membicara ke arah sana, tidak tahu kalau Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul barangkali sudah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper