Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menikmati Arus Balik Lebaran via Jalur Pantai Selatan & Pantura

Arus balik mudik yang mendekati puncaknya, membuat para pengendara berpikir keras mencari jalan tercepat.

Bisnis.com, TEGAL--Arus balik mudik yang mendekati puncaknya, membuat para pengendara berpikir keras mencari jalan tercepat.

Misalnya, rute dari Yogyakarta - Slawi, yang ditempuh lewat perpaduan jalur pantai selatan dan pantura. Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa Bali 2017, menerobos jalan alternatif dari Kota Gudeg ke Slawi. Pilihan pertama adalah melintasi jalur Daendels (Pantai Selatan),

Waktu tempuh normal berkisar 6 jam, namun berdasarkan pengamatan Tim LL JJB 2017 harus menelan waktu lebih dari 9 jam. Pasalnya, arus keluar masuk dari objek wisata pantai selatan membuat perjalanan tersendat.

Belum lagi adanya warung oleh-oleh sepanjan jalan yang membentang dari Bantul ke Banten ini. Setelah selesai melewati jalur Daendels, dan keluat di Puring menuju Gombong, Tim melanjutkan perjalanan menuju Slawi lewat Waduk Sempor - Klampok - Banjarnegara - Randudongkal - Jatinegara dan Slawi.

Sebagai jalur alternatif, harus diakui lintasan ini penuh tantangan. Jika digambarkan, jalur ini mirip dengan lintasan di Piket Nol (Lumajang). Awalnya, Tim berpikir bahwa jalur ini akan sepi pengendara, ternyata malah sebaliknya.

Kendaraan roda empat dengan pelat nomor B, R, dan E, terlihat banyak melintas. Dengan jalur berliku dan menanjak, lintasan ini dapat dilalui oleh kendaraan dengan sumbu mesin kecil.

Mengenai kualitas jalan, jangan diragukan. Lintasan ini 80% sudah halus dengan aspal dan sisanya beton. Bagi para pemudik yang ingin melintas, pastikan isi penuh bahan bakar.

Mengingat SPBU baru akan tersedia di Klampok. Sebagai panduan, memang penting mengandalkan peta yang ada di gawai Anda, tetapi juga diharap waspada, karena pilihan jalur yang dipilih tak selalu memadai.

Terakhir, Anda dan keluarga pasti ingin tiba dengan selamat. Berhati-hatilah.

Program liputan ini didukung oleh: Toyota Astra Motor, Bank Negara Indonesia, AirNav Indonesia, Astra Honda Motor, ASDP Indonesia Ferry, GWK Cultural Park, Jambuluwuk Hotel & Resorts, Bank Jatim, V-Kool Indonesia, XL Axiata, Coco Group, dan Perkebunan Nusantara XI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : News Editor
Sumber : JIBI

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper