Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT KAI Siapkan Layanan Angkutan Motor Gratis Lebaran

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melalui PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan layanan angkutan motor gratis (Motis) pada Angkutan Lebaran 2018.
Ilustrasi./Bisnis-Dedi Gunawan
Ilustrasi./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, SOLO—Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melalui PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan layanan angkutan motor gratis (Motis) pada Angkutan Lebaran 2018.

Secara nasional, PT KAI menyiapkan kapasitas motor yang dapat diangkut dengan kereta api sebanyak 18.096 unit motor selama tiga belas hari mulai 8 Juni sampai dengan 25 Juni 2018.

Pendaftaran angkutan Motis sudah dibuka sejak 9 Februari lalu khususnya untuk pendaftaran secara online di mudikgratis.dephub.go.id, dan pendaftaran langsung motor di stasiun yang ditunjuk.

Pejabat Humas PT KAI Daop VI Jogja, Eko Budiyanto, menjelaskan angkutan motor gratis terbagi tiga relasi yakni lintas utara Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Surabaya Pasarturi, lintas selatan 1 yakni Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Kutoarjo, dan lintas selatan 2 yakni Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Blitar.

Merujuk angkutan motor gratis tahun 2017, untuk jalur lintas selatan 2, PT KAI memanfaatkan KA Bengawan dan KA Brantas. “Jumlah motor yang turun atau motor gratis yang diangkut dari Jakarta ke wilayah Daop VI/Yogyakarta [meliputi Lempuyangan, Klaten, Purwosari] saat Lebaran tahun lalu sebanyak 1.560 motor,” kata Eko, kepada JIBI Senin (26/3).

Untuk mendukung angkutan motor gratis, PT KAI juga menyiapkan KA bagi penumpang yang mengikuti angkutan motor gratis sebanyak 67.818 tempat duduk. “Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan. Calon penumpang bisa menyerahkan motor bersama dengan penyerahan bukti pemesanan tiket,” kata Eko.

Ada 18 KA penumpang yang mendukung angkutan motor gratis. “Empat belas di antaranya melintasi wilayah Daop VI Yogyakarta,” imbuh Eko. Menurut Eko, pemudik yang mengikuti program asal Solo bisa memanfaatkan KA Brantas, KA Kahuripan, KA Bengawan, KA Matarmaja Tambahan Lebaran, dan KA Matarmaja.

“Kereta-kereta itu yang akan berhenti di Stasiun Jebres sedangkan KA Bengawan akan berhenti di Stasiun Purwosari,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler