Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim Cyber Polresta Solo Temukan 900 Konten Berita Hoaks Per Hari

Kami memiliki 30 orang tim cyber anti hoaks yang bekerja selama 24 jam.
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, SOLO—Tim cyber Polresta Solo menemukan sebanyak 900 konten berita hoaks Per hari. Konten berita hoaks terbanyak berisikan isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), fitnah, dan black campaign Pilgub Jateng.

“Kami memiliki 30 orang tim cyber anti hoaks yang bekerja selama 24 jam. Tugas utama mereka patroli memantau medsos [medsos] di dunia maya,” ujar Kapolresta Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo kepada wartawan di Mapolresta Solo, Senin (11/6/2018).

Ribut mengungkapkan setiap satu orang petugas tim cyber menemukan 30 konten berita hoaks per hari. Sementara jumlah anggota tim cyber ada sebanyak 30 orang sehingga kalau ditotal ada sebanyak 900 konten berita hoaks per hari yang ditemukan Polresta Solo.

Ia khawatir kalau konten berita hoaks ini bisa lolos warga yang membacanya akan ikut tersesat karena membaca berita yang salah. Dampak negatifnya bisa memecah belah persatuan bangsa serta menimbulkan gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Kalau berita hoaks ini dibiarkan sangat berbahaya. Kami mengajak kepada warga agar ikut mengawasi medsos. Kalau menemukan konten berita berbau SARA, fitnah, dan black campaign segera kaporkan ke tim cyber di Satreskrim Polresta Solo,” kata dia.

Tim cyber, lanjut dia, dalam waktu dekat ini akan memperketat patroli medsos seiring dengan pelaksanaan hari tenang Pilgub Jateng pada tanggal 24 Juni sampai 26 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ismail
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper