Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Basarnas Perketat Pengawasan Pantai Selatan Jawa

Badan Pencarian dan Pertolongan atau Badan SAR Nasional (Basarnas) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meningkatkan pengawasan di sepanjang pantai Selatan daerah itu seiring dengan potensi gelombang tinggi.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, YOGYAKARTA — Badan Pencarian dan Pertolongan atau Badan SAR Nasional (Basarnas) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meningkatkan pengawasan di sepanjang pantai Selatan daerah itu seiring dengan potensi gelombang tinggi.

"Kami meningkatkan pengawasan dan patroli seiring peringatan BMKG mengenai gelombang tinggi dan cuaca buruk," kata Kepala Kantor Basarnas DIY, Supriono di Yogyakarta, Jumat (22/6/2018).

Menurut dia personel Basarnas DIY bekerja sama dengan SAR gabungan telah disebar ke seluruh pantai Selatan. Seperti di Gunung Kidul, telah ditempatkan enam tim yang melakukan patroli setiap hari di kawasan Pantai Baron hingga Indrayanti.

"Untuk Kantor SAR Yogyakarta kita melakukan pantauan 'mobile' di Pantai Parangtriris, Pantai Depok, dan Parangkusumo. Begitu juga satu tim lagi kita tempatkan di Kulon Progo," tambah dia.

Ia berharap masyarakat memperhatikan peringatan dari BMKG. Khusus bagi nelayan, menurutnya sebaiknya tidak melakukan aktivitas melaut selama gelombang masih tinggi.

"Kalau tidak memungkinkan berlayar mencari ikan ya tidak usah dilakukan. Kita sudah melakukan preventif himbauan kepada para nelayan supaya tidak melaut terlebih dahulu," lanjutnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memperkirakan gelombang tinggi di perairan laut Selatan Yogyakarta mencapai dua hingga 3,5 meter hingga 23 Juni 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper