Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UGM Terima 2.973 Calon Mahasiswa

Sebanyak 2.973 calon mahasiswa program sarjana melalui jalur SBMPTN diterima di Universitas Gadjah Mada, menyisihkan sekitar 40.000 peserta SBMPTN di Yogyakarta.
Situs Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id
Situs Universitas Gadjah Mada (UGM)/ugm.ac.id

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Sebanyak 2.973 calon mahasiswa program sarjana melalui jalur SBMPTN diterima di Universitas Gadjah Mada, menyisihkan sekitar 40.000 peserta SBMPTN di Yogyakarta.

Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) itu disampaikan pada Selasa, (3/7/2018).

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., mengatakan para calon mahasiswa tersebut terbagi ke dalam kelompok bidang Saintek sebanyak 2.117 orang dan kelompok bidang Soshum sebanyak 856 orang.

Menurutnya, prodi dengan peminat terbanyak dalam SBMPTN di UGM ‎kali ini di bidang Saintek yakni Kedokteran, Farmasi, dan Teknik Sipil, sedangkan di bidang Soshum yakni program studi Hukum, Psikologi, dan Manajemen.

“Untuk Saintek peminat terbanyak .adalah program studi Kedokteran dan bidang Soshum program studi Hukum,” kata Djagal dalam situs web UGM, Selasa (3/7/2018).
Pelaksanaan SBMPTN 2018 telah digelar serentak pada Selasa (8/5/2018).

Pelaksanaan SBMPTN di Yogyakarta diikuti 5 perguruan tinggi negeri, yaitu UGM, UNY, UPN, UIN Sunan Kalijaga, dan ISI di bawah koordinasi Panitia Lokal 46 Yogyakarta.

Total peserta ujian SBMPTN di Yogyakarta berjumlah 43.824 orang dengan rincian 1.845 mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan 41.979 mengikuti UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak).

Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima SBMPTN wajib melakukan registrasi dan mengunggah dokumen sesuai syarat melalui laman um.ugm.ac.id/admisi mulai 5 Juli 2018, dimulai pukul 10.00 WIB, hingga 10 Juli 2018 pukul 22.00 WIB. Bila sampai 10 Juli 2018 pukul 22.00 WIB calon mahasiswa tidak mengisi biodata dan mengunggah dokumen yang disyaratkan, maka dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa UGM.

Sementara itu, jalur masuk UGM setelah SBMPTN, yaitu ujian tulis, bakal digelar pada 8 Juli 2018. Hasil tes ujian tulis tersebut nantinya masih bisa digunakan untuk seleksi di Sekolah Vokasi UGM jalur nilai ujian tulis. Pada jalur terakhir ini peserta bisa memilih dua prodi diploma. Pembukaan pendaftaran jalur ini dimulai pada 4-19 Juli 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper