Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelombang Laut Selatan Jawa Tengah & DIY Diprakirakan Bisa Sembilan Meter

Tinggi gelombang laut Selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta diprakirakan mencapai enam hingga sembilan meter.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, CILACAP – Tinggi gelombang laut Selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta diprakirakan mencapai enam hingga sembilan meter, kata Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap, Teguh Wardoyo.

"Berdasarkan pantauan satelit cuaca dan gradien angin permukaan tanggal 23 Juli 2018, pukul 19.00 WIB, pada skala regional terdapat pusat tekanan tinggi di Samudra Hndia sebelah Barat Australia dan Samudra Pasifik sebelah Timur Australia, sedangkan di Samudra Pasifik tenggara Jepang terdapat badai tropis Wukong," katanya di Cilacap, Jateng, Selasa (24/7/2018).

Interaksi antara dua pusat tekanan rendah dan badai tropis itu mengakibatkan peningkatan angin yang bertiup di atas permukaan laut dan cenderung searah dari Timur hingga Tenggara sehingga memicu terjadinya gelombang tinggi.

Oleh karena itu, pihaknya mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku pada hari Selasa (24/7) hingga Rabu (25/7).

"Peringatan dini tersebut dikeluarkan karena tinggi gelombang di laut selatan Jateng-DIY berpotensi mencapai enam hingga sembilan meter. Jika ada perkembangan lebih lanjut, peringatan dini gelombang tinggi tersebut akan kami perbarui," jelasnya.

Menurut dia, tinggi gelombang enam hingga sembilan meter berbahaya bagi semua jenis kapal dan aktivitas kelautan.

Terkait dengan hal itu, Teguh mengimbau pengguna jasa kelautan untuk waspada dan bila perlu menghentikan seluruh aktivitasnya karena gelombang berpotensi sangat tinggi dan bisa mengancam keselamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper