Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Semarang Pacu Bisnis MICE

Semarang MICE Community (Smicecomm) menilai infrastruktur di Kota Semarang siap dalam mendongkrak naiknya MICE.
Kota Semarang
Kota Semarang

Bisnis.com, SEMARANG - Semarang MICE Community (Smicecomm) menilai infrastruktur di Kota Semarang siap dalam mendongkrak naiknya MICE.

Ketua Smicecomm Solichoel Soekaemi mengatakan, Semarang sudah sangat siap untuk mengadakan MICE. Pasalnya, infrastruktur di Kota Semarang sangat mendukung dalam menyelenggarakan Meeting, Insentif dan Conference (MIC).

"Ini yang harusnya di dorong supaya ada pihak yang memang mengkhususkan diri untuk mengelola itu. Selain itu, kota Semarang belum bisa menjadi kota penyelenggaraan pameran, karena venuenya belum memadai," katanya Selasa (24/7/2018).

Menurut Solichoel, harusnya para penyelenggara MICE untuk lebih menggencarkan pelaksanaannya. Dia juga mengapresiasi langkah Pemkot Semarang dalam pembangunan Semarang Expo Center yang saat ini tengah dalam perencanaan kota Semarang.

"Tapi kembali lagi, ada infrastrukturnya berarti Semarang harus punya biro yang khusus juga. Jadi gabungan antara pemerintah dan industrinya, supaya kedepannya nanti infrastruktur itu tidak vakum," tambahnya.

Sementara itu, Kabid Perencanaan Ekonomi Badan Perencanaan, Pembangunan Ekonomi Daerah (Bappeda) P Tri Susanta mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam tahap mendengarkan masukan untuk menjadikan Semarang sebagai tujuan diselenggarakannya MICE.

Menurutnya, setelah mendengarkan masukan dari para pelaku MICE, Pemkot akan melakukan pemetaan beberapa daerah yang potensial dan juga pasar potensial untuk mengadakan MICE.

"Sehingga nanti apa yang sudah menjadi program pemerintah bisa seiring, dan lebih terbantu karena sinergi dari teman-teman pegiat dan asosiasi serta pelaku pariwisata," ucapnya.

Tri menuturkan, pihaknya merasa hingga saat ini masih membutuhkan kontribusi langsung dari rekan-rekan asosiasi dan para pelaku pariwisata.

Tri mengklaim, pihaknya telah mendapatkan gambaran posisi Semarang saat ini. Kedepan, tinggal bagaimana Pemkot Semarang mem-push bagian mana yang menjadi core kota Semarang sebagai destinasi MICE.

"Termasuk juga dengan rencana pembangunan Expo Center yang harapannya bisa menjawab persoalan kurangnya venue exhibiton di kota Semarang. Ini menjadi masukan yang bagus, mudah-mudahan dalam implementasi pembangunan Semarang Expo Center juga memenuhi standarisasi yang ada," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper