Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DIY Masukkan Materi Keistimewaan dalam Tes CPNS

Pemda DIY akan memasukkan materi tentang keistimewaan DIY ke dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Tugu Yogyakarta/webtempatwisata.com
Tugu Yogyakarta/webtempatwisata.com

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Pemda DIY akan memasukkan materi tentang keistimewaan DIY ke dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Rencana itu sedang dikonsultasikan kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Sekda DIY Gatot Saptadi menjelaskan sesuai dengan arahan Gubernur DIY, CPNS yang lolos seleksi diprioritaskan menguasai materi keistimewaan DIY pada formasi tertentu. Oleh karena itu, pihaknya akan mengusulkan kepada Kemenpan-RB untuk bisa memasukkan materi keistimewaan dalam tes CPNS.

"Kita coba konsultasi dengan pusat untuk memasukan konten keistimewaan, bentuknya seperti apa nanti kita tanyakan," ujarnya di Kompleks Kepatihan, Senin (24/9/2018).

Ia menambahkan konten keistimewaan sangat penting, tanpa bermaksud membatasi warga dari daerah lain untuk mendaftar di DIY. Selain itu, pemberlakukan materi keistimewaan itu tidak diberlakukan di semua formasi, melainkan formasi tertentu yang pekerjaannya ada kaitan dengan penerapan keistimewaan. Sehingga pendaftar dicari mereka yang memiliki bakat dan kemampuan bidang keistimewaan DIY.

"Mohon maaf bukan untuk melihat suku atau tidak ya, ujug-ujug nanti yang lolos justru sing ora ngerti blas tentang Jogja kan sayang to," ucapnya.

Materi itu antara lain seperti kaitan dengan kearifan lokal DIY, pertanahan, kebudayaan. Namun materi itu bukan melihat gugur atau tidaknya peserta tetapi lebih pada melihat bakatnya.

Gatot menegaskan pihak belum mengetahui bentuk tes berkaitan keistimewaan karena baru akan dikonsultasikan. Tetapi, yang sangat memungkinkan adalah penambahan tes wawancara berkaitan keistimewaan.

Bisa dalam bentuk tes tambahan, atau dengan memberikan pelatihan kepada peserta yang telah dinyatakan lolos. Mengingat materi itu sudah tidak memungkinkan dimasukkan di tes tulis materi tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB).

"Yang dimungkinkan paling wawancara, boleh selain TKD dan TKB," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY Agus Supriyanto mengatakan pendaftaran CPNS akan dimulai pada 26 September 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sunartono
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Harian Jogja
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper