Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peserta Tes CPNS di Sragen Diprediksi Mencapai 90.000 Orang

Jumlah peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 yang bertempat di GOR Diponegoro Sragen diprediksi mencapai 90.000 orang.
GOR Diponegoro, Sragen. Lokasi tes CPNS.
GOR Diponegoro, Sragen. Lokasi tes CPNS.

Bisnis.com, SRAGEN — Jumlah peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 yang bertempat di GOR Diponegoro Sragen diprediksi mencapai 90.000 orang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen berkoordinasi dengan lingkungan sekitar GOR untuk menyiapkan penginapan hingga penyiapan stan untuk kebutuhan kuliner dan oleh-oleh khas Sragen.

Prediksi tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sragen, Sarwaka, saat berbincang dengan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan JIBI di teras depan Rumah Dinas Bupati Sragen, Senin (24/9).

Tes CPNS 2018 itu terdiri atas tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). Sragen menjadi tempat untuk dua jenis tes CPNS tersebut untuk pelamar CPNS dari Solo, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Boyolali, Karanganyar, Sragen, Grobogan, dan Blora.

“Target dari teman-teman kabupaten/kota di Soloraya plus Grobogan dan Blora itu mencapai 10.000 orang per kabupaten/kota. Kalau sembilan kabupaten/kota maka perkirakan peserta tes yang masuk Sragen bisa mencapai 90.000 orang. Untuk penyelenggara tes langsung dari BKN [Badan Kepegawaian Negara]. Sragen ini mendapat amanat dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk ditempati sebagai lokasi tes CPNS 2019,” ujar Sarwaka.

Bupati Yuni Sukowati menambahkan dengan potensi orang yang masuk Sragen sebanyak itu maka Pemkab sudah mengimbau kepada masyarakat sekitar GOR untuk bersiap-siap membuka penginapan. Untuk jalur lalu lintasnya, kata dia, juga sudah dikoordinasi dengan Dinas Perhubunga (Dishub).

“Termasuk penyiapan stan juga dilakukan oleh Disperindag [Dinas Perindustrian dan Perdagangan]. Yang pasti orang haus dan pasti beli minuman. Ada juga yang butuh oleh-oleh Sragen dan seterusnya. Ini menjadi momentum bagi warga Sragen,” ujar Yuni, sapaan akrabnya.

Yuni merasa tertantang dengan banyaknya momentum yang menghadirkan massa ke Sragen maka berpeluang tumbuhnya bisnis perhotelan di Sragen. Yuni menjelaskan tes yang berlangsung di Sragen nanti selama 25 hari. Dia menyebut jumlah komputer untuk computer assisted test (CAT) diperkirakan mencapai 700 unit.

“Kalau dalam sehari itu ada lima kali tes maka ada 3.500 orang yang datang per hari untuk tes. Hal itu berlangsung selama 25 hari. Bisa dibayangkan berapa orang dan ini menjadi potensi bisnis yang luar biasa bagi warga Sragen. Semua pendaftaran CPNS lewat online, termasuk Sragen. Saya tidak mau lewat pemberkasan karena susah kalau dititipi orang,” ujar Bupati.

Yuni merasa beruntung mendapat kuota CPNS sebanyak 505 orang dari usulan sebanyak 614 orang. Dari formasi tersebut, sebut dia, 329 orang untuk tenaga pendidikan, 109 orang untuk tenaga kesehatan, 34 orang tenaga teknis dan 33 orang formasi eks K2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tri Rahayu
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper