Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semarang Jalin Kerjasama Ekonomi dengan Pemalang

Pemerintah Kota Semarang jalin kerjasama ekonomi dan pariwisata dengan Pemkab Pemalang. Hal tersebut dilakukan, untuk memperkuat pengembangan kedua daerah terutama sektor ekonomi.
Kendaraan melintasi salah satu ruas Jalan tol Semarang-Batang di Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (16/3/2018)./ANTARA-Aditya Pradana Putra
Kendaraan melintasi salah satu ruas Jalan tol Semarang-Batang di Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (16/3/2018)./ANTARA-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, SEMARNAG - Pemerintah Kota Semarang jalin kerjasama ekonomi dan pariwisata dengan Pemkab Pemalang. Hal tersebut dilakukan, untuk memperkuat pengembangan kedua daerah terutama sektor ekonomi.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, interkoneksi antar daerah mutlak dilakukan. Pasalnya, jarak tempuh dari Semarang menuju ke Pemalang akan semakin singkat dengan beroperasinya tol Semarang - Batang dan Pejagan - Pemalang.

"Nanti ketika tol sudah jadi jarak dari Semarang ke Pemalang maupun sebaliknya palinh hanya 1,5 jam. Ini merupakan potensi yang harus dimanfaatkan betul oleh kedua daerah guna mengembangkan perekonomian agar semakin maju," kata Hendi Senin (29/10/2018).

Menurutnya, Pemalang merupakan daerah yang mempunyai potensi cukup baik terutama di bidang pertanian. Sebab, hasil pertanian Kabupaten Pemalang sudah terkenal salah satunya nanas. 

Pria yang akrab disapa Hendi tersebut berujar, jika nanas khas Pemalang sangat enak dan cocok untuk dikembangkan. Bahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan membawa nanas Pemalang saat menjamu Pemerintah Nanjing China. 

"Hasil pertanian di Kabupaten Pemalang sangat luar biasa. Terutama nanasnya begitu enak. Nanti tanggal 20 November kami akan bertemu perwakilan Pemerintah Nanjing China, sekalian membawa nanas Pemalang agar semakin dikenal luas sukur-sukur bisa diborong," kata Hendi.

Disisi lain, lanjut Hendi Pemkot Semarang akan belajar mengenai sistem informasi pedesaan yang telah ditetapkan oleh Pemkab Pemalang. Pasalnya, Pemkab Pemalang telah mendapat penghargaan dari PBB untuk sistem tersebut.

"Kami akan belajar dengan Pemkab Pemalang mengenai sistem informasi pedesaan. Itu sangat bagus karena Semarang mengedepankan konsep Smartcity itu," ujar Hendi.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pemalang Junaedi menuturkan Semarang sebagai Ibukota Jawa Tengah memberikan banyak inspirasi terutama sektor ekonomi. Sebab, perekonomian Semarang semakin bergairah dengan banyaknya kawasan industri yang ada. 

Dia menambahkan, Semarang bisa menjadi pelecut daerah lain untuk maju. Sehingga dengan kerjasama kali ini diharapkan ekonomi kedua daerah dapat maju dengan pesat.

"Sebagai Ibukota Jateng Semarang bisa menjadi leader untuk daerah lain seperti Kabupaten Semarang untuk maju. Kami akan banyak belajar dari Pemkot Semarang terutama untuk menggairahkan perekonomian daerah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper