Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Kulonprogo Dibangun, Purworejo Harus Kecipratan Rezeki

Pemerintah saat ini sedang melaksanakan pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo.
Petugas membongkar bangunan di area yang akan digunakan untuk Bandara Internasional Kulonprogo di Temon, Kulonprogo, DI Yogyakarta, Kamis (13/4)./Antara-Andreas Fitri Atmoko
Petugas membongkar bangunan di area yang akan digunakan untuk Bandara Internasional Kulonprogo di Temon, Kulonprogo, DI Yogyakarta, Kamis (13/4)./Antara-Andreas Fitri Atmoko

Bisnis.com, PURWOREJO - Pemerintah saat ini sedang melaksanakan pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo.

Kendati secara administrasi, bandara yang dikenal sebagai Bandara Kulonprogo tersebut masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, namun bandara baru yang ditargetkan beroperasi pada April 2019 nanti akan memberikan manfaat lebih bagi Provinsi Jawa Tengah.

"Pembangunan bandara Kulonprogo ini harus juga bermanfaat bagi Jawa Tengah, khususnya Purworejo. Karena daerah ini merupakan daerah terdekat dengan bandara, maka Purworejo harus ikut bergeliat. Istilahnya, dengan adanya bandara Kulonprogo ini, rejeki Yogyakarta bisa mbleber ke Jateng khususnya masyarakat Purworejo," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam keterangan resminya Kamis (1/11/2018).

Ganjar menambahkan, jarak antara bandara Kulonprogo dengan Purworejo jauh lebih dekat daripada jarak bandara ke Yogyakarta. Secara geografis, tentu hal tersebut merupakan bonus positif untuk mengembangkan wilayah Purworejo.

"Purworejo-Kulonprogo kan hanya sekitar tujuh kilometer, sementara bandara ke Yogyakarta jaraknya puluhan kilometer. Jadi peluang ini harus bisa ditangkap dan dioptimalkan, Purworejo harus mendapatkan benefit," tegas politisi PDI Perjuangan itu.

Untuk itu, Ganjar mengaku telah melakukan sejumlah persiapan, diantaranya melakukan penataan ruang dan menyiapkan rencana pembangunan di sekitar bandara Kulonprogo agar bisa mendapatkan nilai tambah dari bandara tersebut.

"Kami sudah siap, tentu benefit yang dapat dioptimalkan misalnya akomodasi, hotel-hotel akan tumbuh. Kemudian kuliner, pariwisata, produk-produk UMKM dan industri kreatif lainnya harus tumbuh di Purworejo," ujarnya.

Pihaknya lanjut Ganjar terus gencar mengajak Bupati Purworejo, Agus Bastian melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat berdiskusi persiapan menyambut dampak dari bandara Kulonprogo ini. Tujuannya agar masyarakat ikut terlibat dalam menangkap peluang bagus ini.

"Makanya forum diskusi semacam ini penting, kira-kira nanti ada ide apa dari masyarakat, muncul ide-ide cerdas, smart untuk memajukan Purworejo. Semuanya harus disiapkan dan saya berharap Purworejo dapat bergeliat dan menjadi kota pendukung utama bandara Kulonprogo," katanya.

Sementara itu, Bupati Purworejo, Agus Bastian mengaku sudah mempersiapkan segala hal dalam rangka mempersiapkan Purworejo maju dengan adanya bandara Kulonprogo ini.

Bahkan, dirinya mengaku sudah mempersiapkan jauh-jauh hari karena bandara Kulonprogo adalah proyek yang dahulu ia perjuangkan saat menjadi anggota DPR RI.

"Saya dulu kan yang ikut memperjuangkan bandara Kulonprogo ini, jadi memang sudah dipersiapkan matang. Kami akan berupaya mendapatkan manfaat lebih dengan adanya proyek bandara ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper