Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran KUR di Jateng Capai Rp17 Triliun

Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jateng mengungkapkan, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Jawa Tengah mencapai Rp17 triliun.
Kredit Usaha Rakyat/Istimewa
Kredit Usaha Rakyat/Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jateng mengungkapkan, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Jawa Tengah mencapai Rp17 triliun.

Capaian tersebut sudah 80% dari target yang ditetapkan yakni Rp22 triliun.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah, Ema Rachmawati mengatakan, sebagai rincian, penyaluran pinjaman ke usaha mikro mencapai Rp11 triliun, usaha retail Rp5,6 triliun, Tenaga Kerja Indonesia Rp92 miliar, UMI atau ultra mikro Rp94,7 miliar.

"Sektor perdagangan menjadi penyumbang utama dalam penyaluran KUR. Ini karena modal usaha sektor perdagangan masih menjadi primadona masyarakat Jateng dalam mengambil kredit," kata Ema Senin (19/11/2018).

Lebih lanjut Ema mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, KUR akan lebih banyak diarahkan ke sektor pertanian dan peternakan. Dengan akses kemudahan pinjaman melalui KUR, baik sektor pertanian maupun peternakan diharapkan dapat lebih menggeliat.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah, Bimo Kartiko menambahkan, dalam dua bulan terakhir ini penyaluran KUR semakin dimaksimalkan. Sehingga diharapkan hingga akhir tahun, dana bisa tersalurkan 100%.

“Kalau memang dibutuhkan ya targetnya bisa terserap semuanya. Tapi bila berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, dari anggaran yang tersedia memang tidak seratus persen terserap, terbanyak sekitar 90%,”ujarnya.

Kuota Rp22 triliun ini, lanjutnya, meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah Rp21 triliun. Sejauh ini, penyerapan KUR di Jawa Tengah terbilang cukup baik dan tertinggi dari berbagai daerah di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper